Sawahlunto Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia

Sawahlunto Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia
Sawahlunto – Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto ditetapkan sebagai Warisan Dunia. Ini merupakan warisan budaya ke lima di Indonesia dalam kategori kebudayaan. Sebelumnya, Candi Borobudur, Candi Parambanan, Sangiran dan Subak sudah tercatat sebagai warisan dunia.

Penetapan Sawahlunto sebagai warisan dunia ditetapkan pada sidang Penetapan Warisan Dunia yang diselenggarakan di Baku, Azerbaijan, Sabtu (6/7). Turut hadir dalam sidang penetapan Walikota

Sawahlunto, Deri Asta SH.

Ditetapkannya Kota Sawahlunto sebagai warisan dunia menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Begitu juga dengan Sumatera Barat, nantinya akan berdapak besar terhadap kunjungan wisatawan.

Warga Kota Sawahlunto turut hadir menyaksikan langsung sidang penetapan warisan dunia secara live streeming di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto. Rasa haru dan bangga tersirat dalam hati warga Sawahlunto.

Ditetapkannya Sawahlunto sebagai warisan dunia tidak berdiri sendiri, namun merupakan rangkaian daerah yang dilalui kereta api masa Kolonial Belanda hingga Pelabuhan Emahaven (Teluk Bayur). Adapun daerah yang dilalui adalah, Kota Solok, Kabupaten Solok, Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Kabupaten Pariaman dan Kota Padang.

Tidak dipungkiri, ditetapkannya sebagai warisan dunia akan berdampak pada tingkat wisatawan mancanegara nantinya. Ini tentunya sebuah anugerah besar yang diberikan kepada Sumatera Barat serta upaya pelestarian yang harus ditingkatkan.

adrial/Image Kompas