Keraton Surakarta Turut Sukseskan FKN 2019 di Kedatuan Luwu

Keraton Surakarta Turut Sukseskan FKN 2019 di Kedatuan Luwu

Surakarta – Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-13 tahun 2019 akan berlangsung di Kedatuan Luwu. Keraton Surakarta Hadiningrat akan turut andil dalam menyukseskan agenda tahunan yang digelar seluruh keraton se Nusantara itu.

“Dari Keraton Surakarta ini akan membawa hampir 100 orang meliputi prajurit, penari dan sebagainya. Di sana nanti ada karnaval juga maupun stand untuk mempromosikan sektor budaya pariwisata daerah masing-masing,” jelas Pangageng Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta GKR Koes Moertiyah, Senin (1/7/2019).

Untuk diketahui, Kedatuan Luwu sudah ditetapkan sebagai tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-13 tahun 2019. Penunjukan melalui Musyawarah Agung di Kesultanan Kutaringin Kalteng pada tanggal 9-12 Okteber 2016, lalu.

Pada Festival Keraton Nusantara yang akan dilaksanakan di Tana Luwu mengambil tema, ”Pelestarian Nilai Budaya melalui Sinergitas Pemerintah dan Keraton Guna Meningkatkan Kualitas Industri Pariwisata dan Kearifan lokal”.

”Kepercayaan yang diberikan ini hendaknya tidak disia-siakan. Karena saat ini, baru yang ke-13 dari 49 kerajaaan yang termasuk dalam Organisasi FKIKN,” jelas Gusti Moeng yang juga sebagai Sekjen FKN.

Festival Keraton Nusantara sendiri untuk pertama kalinya di selenggarakan di Solo tanggal 1 sampai dengan 7 Juli pada tahun1995. Juga dibentuknya wadah dengan nama Forum Komunikasi Informasi Keraton Nusantara (FKIKN).

Oleh karena kegiatan Festival Keraton dianggap dapat memberikan hal-hal positif terhadap pelestarian nilai-nilai budaya serta memberikan wawasan terhadap kebangsaan.

“Ada beberapa kriteria untuk masuk di dalam FKIKN yaitu Keraton maupun kasultanannya masih ada. Masyarakat adatnya masih ada, budayanya masih ada atau living heritage,” sambungnya.

Selanjutnya, Festival Keraton Nusantara diselenggarakan secara bergantian berdasarkan hasil Wusyawarah Agung. Kedatuan Luwu sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah pada Festival Keraton yang ke-10 yang diselenggarakan di Kesultanan Kutawaringin Kalteng pada tanggal 9-12 Okteber 2016.

Kemudian pada Festival Keraton Nusantara yang ke-11 di Keraton Kecirebonan telah ditegaskan kembali bahwa Kedatuan Luwu tetap sebagai penyelenggara FKN ke-13 tahun 2019. FKN ke-12 diselenggarakan di Sumatera Barat.

Adapun tujuan dari Festival Keraton Nusantara, sebutnya, sebagai ajang silaturrahmi para Raja/Sultan/Datu se-Nusantara dengan pemerintah.

Pelestarian adat tradisi budaya lokal guna menunjang kepariwisataan Nasional. Kemudian mempererat hubungan kebangsaan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia. Tujuan lainnya adalah menjunjung tinggi kebhinnekaan dari berbagai keberagaman budaya nusantara dalam mewujudkan persatuan bangsa. Selanjutnya, melestarikan adat tradisi budaya lokal se-Nusantara.

Kedatuan Luwu telah bekerjasama dengan FKIKN maupun Pemerintah Kota Palopo dan Pemerintah se-Tana Luwu untuk acara Festival Keraton Nusantara ke-13 tahun 2019.

rri.co.id