Harganas ke 26, Puluhan Kapal Wisata Berhias Sambut Parade Jukung Hias

Harganas ke 26, Puluhan Kapal Wisata Berhias Sambut Parade Jukung Hias

Banjarmasin – Puluhan kapal wisata di pinggir Sungai Martapura, kawasan Siring Menara Pandang Piere Tendean, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), terlihat berbeda dari biasanya pada malam hari, pada Rabu (3/7/2019), dimana berbagai miniatur monumen khas dari berbagai daerah dari tiga puluh empat provinsi di Indonesia dipasang di atas masing-masing atap kapal wisata.

Hal ini dilakukan dalam menyemarakkan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26 yang berlangsung di Kota Banjar Baru Provinsi Kalsel.

Dalam kegiatan itu, seluruh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di setiap Provinsi turut berpartisipasi, tidak terkecuali Kalimantan Timur (Kaltim) dengan menghiasi kapal wisatanya bernuansa ikan pesut yang menjadi ikon Kota Samarinda.

Ditemui disela acara, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli mengatakan pihaknya membawa kontingen kurang lebih sebanyak 200 orang yang berasal dari OPD KB Kabupaten/Kota di Kaltim untuk menyukseskan kegiatan Harganas di Kalsel tahun ini.

Menurutnya, Kaltim juga akan menyelenggarakan peringatan Harganas ke-26 tingkat Provinsi dengan menobatkan Kabupaten Kutai Barat sebagai tuan rumah.

“Jadi kami juga nanti akan menyelenggarakan Peringatan Harganas ke 26 tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Kutai Barat, Sendawar. Dan ini kami juga dalam kegiatan kapal hias ikut berpartipasi dengan kapal yang behiaskan ikan pesut mahakam yang memang menjadi ikon kota kita dan mudah-mudahan pelaksanaan harganas ini berjalan lancar, baik ditingkat nasional maupun daerah nanti”kata Eli.

Diketahui, Parade Jukung Hias ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan puncak Peringatan Harganas ke 26 akan berlangsung, Sabtu (6/7/2019) di halaman Kantor Gubernur Kalsel, Kota Banjar Baru.

rri.co.id/Image ANTARA