Banjarmasin Ingin Bentuk Patriot Pariwisata

Banjarmasin Ingin Bentuk Patriot Pariwisata

Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin, melalui Dinas Pariwisata setempat berkeinginan membentuk patriot pariwisata dalam upaya memajukan dunia wisata di wilayah ini.

Dalam upaya pembentukan patriot pariwisata tersebut maka digelar urun rembug atau badadapatan yang melibatkan semua penggiat pariwisata di wilayah ini, di rumah Amno, Siring tendean Banjarmasin, Senin.

Acara badadapatan tersebut juga dihadiri Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Kepala Dinas Pariwisata dan budaya Kota Banjarmasin Ikhsan Alhaq, serta pejabat lainnya disamping para Pokdarwis, para pemandu wisata, perhotelan, buka lapak, komunitas pecinta lingkungan FKH, dan ASITA.

Wali Kota Banjarmasin mengakui wisata Banjarmasin sudah menggeliat, karena didukung oleh keberadaan sungai dengan “pasar terapung” nya serta objek objek wisata lainnya.

Tetapi disayangkan dikala membuka internet klik “pasar terapung,” justru muncul lebih dulu pasar terapung yang ada di Lembang, atau daerah lain bukan pasar terapung Banjarmasin “ada apa ini,” katanya.

Hal tersebut karena pelaku wisata kita kurang mempopulerkan objek wisata terapung melalui internet yang menggunakan #hastag di media sosial, seperti #Ayokebanjarmasin .

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Ikhsan Alhaq menyebutkan pengembangan pariwisata Banjarmasin perlu ditingkatkan lagi bukan saja fasilitas pariwisata, tenaga keperiwisataan, tetapi relawan yang lebih mempromosikan wisata ini.

Oleh karena itu diperlukan patriot pariwisata yang energik memasarkan kepariwisataan ini, dan mereka diharapkan para anak muda berusia antara 20 hingga 30 tahun dan diharapkan mampu berbahasa Inggris.

Para komunitas patriot wisata ini nantinya yang berada paloung depan untuk mengetengahkan kelebihan kepariwisataan Banjarmasin, baik melalui Medsos serta menyampaikan  presentasi dalam berbagai kesempatan dalam pertemuan.

“Kalau ada pertemuan yang membahas kepariwisataan kita, kalau perlu tak perlu pejabat yang menyampaikannya cukup para patriot pariwisata ini,” kata Ikhsan Alhaq, makanya para patriot tersebut harus mengusai berbagai hal mengenai kepariwisataan Banjarmasin ini.

Para patriot wisata ini nanti akan dilatih apa yang harus dilakukan jika nanti sudah dinobatkan sebagai patriot wisata Banjarmasin.

Dalam pertemuan tersebut hadir beberapa narasa sumber selain dari walikota Ibnu Sina, juka Kepala Dispar Ikhsan Alhaq serta dari Komunitas Masyarakat Peduli Sungai, Paman Anum.

ANTARA