Pengembangan Pelestarian Budaya Negeri Moloku Kie Raha Berkiblat dari Kesultanan Ternate

Pengembangan Pelestarian Budaya Negeri Moloku Kie Raha Berkiblat dari Kesultanan Ternate

Ternate – Potensi kebudayaan dan adat istiadat di Negeri Moloku Kie Raha, terus dilestarikan dan dikembangkan Dinas Kebudayaan Kota Ternate dengan tetap berkiblat dari Kesultanan, karena berbicara budaya dan adat istiadat Ternate tidak terlepas dari Kesultanan Ternate.

Saat ini potensi Kota Ternate lebih diarahkan ke budaya dan adat istidat yang terus dikembangkan melalui pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah dengan obyek kemajuan budaya daerah yang terdiri dari 10 hal penting tentang budaya dan adat istiadat.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate Arifin Umasangaji mengatakan, potensi kebudayaan dan adat istidat Kota Ternate terus dikembangkan dan dilestarikan karena hanya dengan budaya dan adat istiadat menjadi ikon potensi Kota Ternate.

Saat ini tegas Arifin Umasangaji, Dinas telah merangkul kurang lebih 60 sanggar yang terbentuk dari berbagai kalangan masyarakat termasuk komunitas dan lembaga pendidikan formal, dimana setiap komunitas diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan berekspresi.

Perhatian kepada sanggar di Kota Ternate masih dari organisasi perangkat daerah dan terkait besaran dana pembinaan sanggar tegas Arifin Umasangaji itu ada namun harus disertai dengan data yang lengkap karena berhubungan dengan anggaran.

rri.co.id