Pemkot Blitar Gelar Pawai Budaya, Peringati Hari Jadi Kota Blitar Ke-113

Pemkot Blitar Gelar Pawai Budaya, Peringati Hari Jadi Kota Blitar Ke-113

Blitar  – Dalam rangka pemperingati Hari Jadi Kota Blitar ke-113 tahun 2019, Pemerintah Kota Blitar kembali gelar Pawai Budaya tahun 2019, dimana dalam kegiatan Pawai Budaya ini seluruh pesertanya mengenakan pakaian Jaman Dulu (Jadul), Senin Siang (1/4) kemarin.

Bahkan sebelumnya pada hari Minggu malam (31/3) kemarin dilaksanakan Kenduri Rakyat tepat di depan Kantor Wali Kota Blitar, Jl. Merdeka mulai pukul. 19.00 WIB, kemudian pada pukul 20.30 WIB dilanjutkan Ziarah ke Makam Ir. Soekarno, Makam Pangeranan dan Makam Arya Blitar dan tepat tanggal 1 April 2019 hari Senin pagi (1/4) kemarin juga dilaksanakan Upacara Hari Jadi Kota Blitar ke-113 tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh Plt. Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd sebagai Inspektut Upacara yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkot Blitar dan masyarakat Kota Blitar dengan tema Hari Jadi Kota Blitar ke-113 adalah “Harmoni Dalam Kebhinnekaan, Wujudkan Kota Blitar Ramah Investasi”.

Plt. Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd mengatakan sangat bangga dengan adanya pelaksanaan Pawai Budaya Hari Jadi Kota Blitar ke-113 tahun 2019 yang sangat meriah yang diikuti 43 peserta yang terdiri dari seluruh OPD jajaran Pemkot Blitar, sekolah, BUMD, PKK, Paskibra dan masyarakat mulai Start depan Kantor Wali Kota Blitar dan Finish di Depan Rumah Dinas Wali Kota Blitar jl. Sudanco Supriadi. Bahkan pihaknya berharap dengan pelaksanaan Pawai Budaya ini akan semakin banyak yang menikmati dan menjadikan Kota Blitar sebagai salah satu obyek wisata di Kota Blitar.

“Kegiatan Pawai Budaya ini diikuti seluruh aparatur dan masyarakat dengan mengenakan pakain Jadul dan hiburan tradisional, bahkan dalam ceritanya banyak mengisahkan jaman kerajaan dan jaman perjuangan hingga jaman kemerdekaan tempo dulu,” kata Plt. Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd.
Selain itu dikatakan Plt. Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd, dalam kegiatan Pawai Budaya ini para pejabat Pemerintah Kota Blitar juga ikut sebagai peserta Pawai dalam setiap rombongan, dimana tujuannya juga untuk menghibur masyarakat Kota Blitar selain melayani selama ini.

“Pelaksanaan Pawai Budaya ini selain menjadi hiburan diharapkan juga menjadi wadah berkembangnya ekonomi kreatif di Kota Blitar. Yakni melalui momentum ini sebagai wadah masyarakat Kota Blitar untuk menunjukkan kreativitas, bakat, dan minatnya,” ujarnya.

Disisi lain dalam rangka menghadapi tahun politik yang akan digelar Pemilihan Legislatif dan Presiden pada 17 April mendatang, Plt. Wali Kota Blitar, Drs. Santoso, MPd juga berpesan dalam sambutanya untuk menjaga suasana Kota Blitar agar selalu aman, damai, dan kondusif.

“Suasana tahun ini harus kita pertahankan di saat kita menghadapi tahun politik. Mari kita dukung dan kita pastikan agar pelaksanaan Pemilu serentak di Kota Blitar berjalan dengan aman, damai, demokratis, dan bermartabat. Kita juga perlu terus berdoa agar tidak ada bencana dalam skala besar yang terjadi di kota blitar seperti yang selama ini telah kita rasakan,” pungkasnya.

Sementara hadir dalam kegiatan Pawai Budaya, Ketua DPRD Kota Blitar, Said Nofandi, Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar, Dandim 0808 Blitar, Danyon 511, Kajari Blitar dan pimpinan OPD se-Kota Blitar.

Bahkan kegiatan Pawai di Kota Blitar selama ini ada tiga pawai besar, yaitu Pawai Budaya Hari Jadi setiap peringatan Hari Jadi Kota Blitar yang diperingati pada tanggal 1 April, kedua Pawai Kirab Gunungan Grebeg Pancasila yang dilaksanakan pada tanggal 1 Juni, dan Pawai Karnaval Kebangsaan pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

harianbhirawa.com/Image jatimnow.com