Pemko Banda Aceh Gelar Festival Budaya Daerah

Pemko Banda Aceh Gelar Festival Budaya Daerah

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman membuka secara resmi kegiatan Festival Budaya Daerah dan Expo UMKM Banda Aceh di Taman Bustanussalatin (Taman Sari).

Acara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan Rapai Debus Sanggar Seni Gemilang, orang nomor satu di Banda Aceh Aminullah ikut memperlihatkan aksinya dalam atraksi debus tersebut.

“Saya sudah coba untuk tidak ikut pada awalnya, namun penampilan ini spesial untuk ultah Banda Aceh,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa Rapai Debus adalah salah satu seni budaya yang patut dipertahankan.

“Ini akan menjadi hal yang menarik dimata wisatawan asing,” tambahnya.

Dalam kesempatannya, Aminullah mengajak masyarakat untuk menjadi pelaku adat dengan melestarikan budaya yang ada.

“Warisan budaya ini apabila tidak kita peringati setiap tahunnya, maka kita akan kehilangannya. Mari sama-sama lestarikan adat dan budaya kita,” ujar Aminullah.

Menurutnya, untuk menjadi warga Kota Banda Aceh yang baik salah satunya adalah dengan menjaga warisan dari nenek moyang, dimana terletak nilai dan identitas suatu daerah pada sebuah tradisi dan budayanya.

Aminullah juga mengharapkan masyarakat untuk memperkenalkan budaya-budaya Banda Aceh pada berbagai kesempatan.

“Perkenalkan budaya kita melalui media-media sosial, ceritakan kepada kerabat dan saudara, saat kita bepergian keluar daerah, bahwa Banda Aceh punya curi khas yang menarik.”

Aminullah menerangkan, bahwa dengan hal tersebut maka masyarakat juga telah ikut serta dalam mempromosikan wisata Kota Banda Aceh.

Disamping itu, Aminullah mengatakan bahwa Pemko akan memperkenalkan kesenian lokal ini di ajang Nasional bahkan Internasional.

“Nantinya kesenian kita ini akan dibawa ke Malang dan Karangasem di Bali dalam acara festival budaya,” katanya.

“Kedepan juga akan segera kita aktifkan panggung utama di taman sari ini, agar wisatawan bisa menikmati budaya yang original pada setiap akhir pekannya.” pungkas Aminullah.

Kegiatan festival budaya dan expo tersebut adalah salah satu dari rangkaian acara HUT Kota Banda Aceh ke-814. Pembukaan ditandai dengan pemukulan rapai oleh Wali Kota Aminullah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Saminan, Kadis Pariwisata, Iskandar, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan, T Iwan Kesuma.

rri.co.id