Festival Tenun Karnaval Ramaikan HUT ke 55 Sulawesi Tenggara

Festival Tenun Karnaval Ramaikan HUT ke 55 Sulawesi Tenggara

Serangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 55 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), beragam budaya dan adat istiadat ditampilkan dalam festival Sultra Tenun Karnaval yang berlangsung di Kota Kendari, Rabu (25/4/2019).

Sedikitnya ada sekitar 3.000 peserta dari berbagai unsur yang ikut meramaikan festival ini. Mereka terdiri dari komunitas seni, instansi pemerintah hingga pelajar dan mahasiswa.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara Syahruddin Nurdin menjelaskan, tujuan utama dari festival ini untuk memperkenalkan tenunan yang ada di Sulawesi Tenggara. Apalagi hampir setiap daerah yang ada di Sultra memiliki motif dan corak tenunan yang berbeda-beda sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan agar bisa lenih dikenal masyarakat luas.

“Temanya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Sultra dan pelaksanaan Halo Sultra ke 12. Halo Sultra diutamakan untuk melestarikan tenun ciri khas daerah yang dibuat oleh home industry yang merupakan kebanggaan kita,” tutur Syahruddin Nurdin.

Dalam festival Sultra Tenun Karnaval ini, setiap peserta menampilkan desain kostum mereka seunik mungkin tanpa menghilangkan identitas cirri khas daerah mereka masing-masing. Kostum yang dikenakan juga dihiasi dengan aneka motif tenunan setia daerah.

Selain menampilkan aneka kostum, para peserta juga menampilkan adat istiadat mereka seperti tari-tarian maupun pementasan pencak silat. Setiap peserta akan mendapat penilaian dari dewan juri dan akan diumumkan pada malam puncuk HUT Sultra 27 April mendatang.

rri.co.id