Dinas Kebudayaan Pemkot Ternate Kirim Sanggar Timur Jauh Ke Jakarta

Dinas Kebudayaan Pemkot Ternate Kirim Sanggar Timur Jauh Ke Jakarta

TERNATE – Kepala Dinas Kebudayaan Kota, Arifin Umasangadji, Kamis (19/4/2019) pagi, bertempat di kantor Dinas Kebudayaan Kota Ternate, melepas kontingen kebudayaan dalam rangka mengikuti Konser Karawitan Anak Indonesia tahun 2019 di Jakarta.

Arifin menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Kebudayaan memiliki program pengembangan kebudayaan, sehingga pada ajang Konser Musik Karawitan Anak Indomesia 2019, Provinsi Maluku Utara, diwakili oleh sanggar Timur Jauh dari Kota Ternate.

Menurutnya, keikutaertaan sanggar Timur Jauh dalam ajang ini, merupakan komitmen Pemkot Ternate dalam melakukan pengembangan kesenian daerah pada anak usia dini, “karena kontingen dari Maluku Utara ini, rata-rata berusia antara 6 sampai 12 tahun,” ungkapnya.

Arifin menambahkan, “Tema konser tahun ini, “Perkusiku, Perkusimu, Perkusi Nusantara” kita berharap, kontingen sanggar Timur Jauh bisa mengharumkan nama Peovinsi Maluku Utara lebih khusus Kota Ternate,” jelas Arifin.

Kata dia, kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 19 hingga 22 April ini, dilangsungkan di gedung Kesenian Jakarta.”Keikutaertaan sanggar Timur Jauh dalam ajang ini, merupakan tahun keempat sepanjang pelaksanaan kegiatan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua sanggar Timur Jauh, Hasan Ali, menyatakan, keikutsertaan sanggar Timur Jauh dalam ajang ini merupakan kali keempat dalam 4 tahun terakhir.

Menurutnya, dalam ajang ini, sanggar Timur Jauh ditetapkan sebagai salah satu peserta setelah terpilih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Direktorat Kesenian bersama 24 sanggar dari 24 Provinsi di Indonesia.

“Tiap tahun kita ikut, pada tahun lalu, kontingen Ternate bahkan masuk 10 besar kategori penyaji terabaik dan 5 panari dari Ternate, meraih penari terbaik,” jelas Hasan yang akrab disapa Ata Deng Kufia.

Kata dia, pada pagelaran Konser Karawitan Anak Indonesia 2019, di Jakarta, sanggar Timur Jauh menhirimkan 8 personil didampingi 2 pendamping yakni penata musik dan artistik.

“Rata-rata anak usia 12 hingga 6 rahun, terdiri dari 7 laki-laki dan 1 perempuan, kita optimis mampu menampilkan performa terbaik dalam ajang ini nanti,” ujar Ata saat ditemui disela-sela acara pelepasan.

Pada kesempatan tersebut, Ata juga menyampaikan penghargaan, apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Dinas Perkim Kota Ternate dan Dinas PU-PR Kota Ternate yang ikut memberikan dorongan dan support sehingga sanggar Timur Jauh kembali mewakili Maluku Utara dalam ajang ini.

“Kita berharap, Pemerintah Provinsi juga ikut menaupport sanggar Timur Jauh dalam upaya melakukan pengembangan kesenian di Maluku Utara.

“Sejauh ini, hanya Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Dinas Perkim Kota Ternate dan Dinas PU-PR Kota Ternate yang ikut memberikan support dan dukungan. Kalau Pemerintah Provinsi tidak ada, padahal kita mewakili Provinsi Maluku Utara,” ungkap Ata aeraya berharap, kedepan, Pemprov juga mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini.

indotimur.com