Ternate dan Tidore Jadi Tuan Rumah Pertemuan Global Network of Magellan Cities

Ternate dan Tidore Jadi Tuan Rumah Pertemuan Global Network of Magellan Cities

Ternate – Kota Ternate dan Tidore Kepulauan terpilih sebagai tuan rumah pertemuan Global Network of Magellan Cities dan Peringatan 500 tahun napak tilas perjalanan ekspedisi Ferdinand Magellans penjelajah dunia asal Portugis.

Ternate dan Tidore terpilih sebagai tuan rumah setelah 19 dari 20 Kota Jaringan Magellan di dunia menyatakan dukungannya untuk Tidore pada pertemuan Global Network of Magellan Cities ke-9 di Kota Sevilla Spanyol.

Terpilihnya Tidore juga dikarena kota ini dianggap memiliki peran penting yang melatar belakangi tujuan ekspedisi yang dilakukan Ferdinand Magellans pada 8 September 1519 lalu.

Guna koordinasi terkait kegiatan napak tilas Magellans, Duta Besar Spanyol dan Portugis melakanakan kunjungan di Tidore dan Ternate.

Sultan Tidore H. Husain Syah mengatakan, kunjungan Kebudayaan kedua Dubes tersebut membicarakan hal-hal kerjasama di bidang Pendidikan dan Ekonomi.

Ekspediasi Magellans atau Sail Magellan kata Sultan Tidore H. Husain Syah akan dimulai pada bulan September 2019 mendatang dengan mengawali perjalanan dari Spanyol dan Portogis dan beberapa negara lainnya di Amerika latin yang juga mengikuti kegiatan ekspedisi tersebut dan puncak kegiatan sail Magellan akan dilaksanakan pada tahun 2021 nanti.

Ditambahkan sultan H. Husain Syah, Sail Magellan 2021 merupakan momentum penting dan strategis dalam rangka mengkonsolidasikan dan mendorong kerjasama untuk kemajuan sekaligus dapat memberikan highlight mengenai peran sentral Indonesia sebagai sumber rempah dan keikutsertaan ini juga dapat mendorong kerja sama maritim antar negara yang tergabung dalam Global Network of Magellan Cities.

rri.co.id/Image antara