Permainan Tradisional Baramasuen Akan Dipentaskan di Teheran International Tourism Exhibition

Permainan Tradisional Baramasuen Akan Dipentaskan di Teheran International Tourism Exhibition

Ternate – Permainan Tradisional Moloku Kie Raha Baramasauen atau Bambu Gila akan dipentaskan dalam pameran internasional ”Teheran International Tourism Exhibition T.I.T.E 2019” yang berlangsung di Teheran Iran tanggal 12 – 15 Pebruari 2019 mendatang.

Ternate merupakan satu satunya kota di Indonesia Timur yang di undang oleh Kementerian Pariwisata bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Teheran untuk mempromosikan budaya dan kesenian yang ada di daerah tersebut.

Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kota Ternate Rinto Thaib terkait dengan keikutsertaan Kota Ternate dalam event tersebut mengatakan, sejarah Ternate masa lalu yang sangat kental dengan budaya persia bukan hanya soal agama tetapi kesenian, interaksi sosial hingga tradisi yang masih berlaku di masyarakat saat ini merupakan sesuatu yang menarik untuk di tampilkan karena memiliki ikatan emosional sejarah masa lalu.

”Budaya Persia bukan hanya soal agama tetapi kesenian serta interaksi sosial sehingga sejarah Ternate masa lalu hingga saat ini sangat kental dengan budaya Persia,” Ungkap Rinto Thaib.

Rinto Thaib menambahkan pula selain atraksi Baramasuen, pihaknya juga akan membuka stand pameran untuk mempromosikan Ternate di Event Internasional tersebut.

Menurutnya Walikota Ternate juga akan menjadi pembicara pada salah satu sesi di event tite yakni Indonesian Night untuk berbicara budaya dan kesenian di Bumi Moloku Kie Raha.

Meskipun ada darerah lain seperti Bengkulu, Pasuruan, Pekalongan yang di undang dalam pameran internasional terseburt, Ternate dan Aceh merupakan daerah yang diminta khusus untuk memprosikan dan menampilkan atraksi kebudayaan di Teheran Internatonal Tourism Exhibition 2019.

rri.co.id/Image indoadvent.blogspot.com