Buleleng Akan Tampilkan Belasan Pertunjukan di Pesta Kesenian Bali 2019

Buleleng Akan Tampilkan Belasan Pertunjukan di Pesta Kesenian Bali 2019

Singaraja – Pemerintah Kabupaten Buleleng terus melakukan persiapan jelang gelaran Pesta Kesenian Bali – PKB XLI/2019. Dari persiapan itu, Bali Utara telah menetapkan 16 pementasan dari total 24 pementasan yang akan ditampilkan di Taman Budaya, Art Center, Denpasar.

Delapan kesenian terpaksa absen dalam sejumlah acara di Pesta Kesenian Bali tahun ini, seperti kesenian Bapang Barong, Arja Klasik, Drama Gong Klasik, Tembang Girang, Prembon, Kesenian Kolosal, dan Janger Melampahan.

Jumlah pementasan yang diikuti duta kesenian Buleleng, bahkan terbilang paling sedikit dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Kesenian Disbud Buleleng, Wayan Sujana.

Alasan tidak mengikuti pementasan itu diakuinya karena belum memiliki seniman untuk tampil.  Sementara dari 16 kesenian yang dipentaskan di Denpasar lebih jauh Kabid Kesenian Disbud mengaku akan menonjolkan warna khas Bali Utara di setiap penampilan.

“Beberapa kesenian akan kita tampilkan, dari apa yang disajikan oleh kabupaten lain kita akan menggali warna khas Buleleng seperti tari cendra wasih, gelatik, termasuk gong kebyar dengan cirri Bali Utara,” ucapnya.

Beberapa kesenian yang akan disajikan Duta Buleleng di Pesta Kesenian Bali 2019 hingga saat ini masih dalam proses mediasi di bawah naungan Dinas Kebudayaan kabupaten Buleleng.

rri.co.id/Image Cremation in Bali