Parade Ternate Harmoni, Melestarikan dan Mengembangkan Keunikan Warisan Budaya

Parade Ternate Harmoni, Melestarikan dan Mengembangkan Keunikan Warisan Budaya

Ternate – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar Parade Ternate Harmoni 2018, sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Ternate ke 768 dengan melibatkan ribuan orang sebagai wujud bentuk semangat untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Selasa, menagtakan, Festival Ternate Harmoni HJT 768, karena Ternate punya masa lalu dalam membangun kekerabatan dan hubungan antar-etnis, agama, suku, budaya.

Dia menambahkan sejak dahulu hingga kini Ternate memiliki nama kampung seperti, kampung sarani, kampung Makassar, kampung falajawa, kampung Palembang, sehingga membuktikan kalau masyarakat Ternate sejak masa lampau punya silaturahmi yang tinggi dan nyaman untuk semua catatan sejarah masa lalu yang gemikang, potensi pariwisata dampak ekonomi, Ternate cinta damai.

Oleh karena itu, katanya kegiatan yang dimulai dari Kantor Wali Kota Ternate menuju gereja ayam, klenteng ibu suri agung hingga ke Kedaton Kesultanan Ternate menunjukkan kalau orang Ternate cinta keberagaman.

Tak hanya dari kalangan tokoh agama, pemuka agama, tokoh budaya, dan berbagai etnis, namun juga diikuti langsung oleh anak-anak siswa siswi, pemuda dan komunitas dari semua agama yang ada di Kota Ternate.

Kegiatan digelar setiap tahunnya ini, bisa menjadi sarana mempromosikan potensi pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Ternate.

Karena yang menarik dari rangkaian parade ini, adalah setiap agama dan etnis akan menampilkan kesenian dan tradisi khas mereka masing-masing.

“Dengan Parade Ternate Harmoni kita wujudkan semua elemen bersatu, bahwa berbeda adalah satu kekuatan, kebersamaan, aman dan damai yang sudah terbangun baik selama ini harus kita pertahankan, yang nantinya akan menjadi satu kekuatan bernilai budaya, yang bisa memberi nilai tambah ekonomis bagi pengembangan pariwisata di Kota Ternate,” jelasnya.

Ia menyatakan semangat keberagaman yang dibentuk dalam Parade Ternate Harmoni adalah sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan keunikan warisan budaya sekaligus memprmosikan sejarah keberagaman antar umat beragama dan etnis.

ANTARA