Pesawaran Lampung, Punya Destinasi Wisata Yang Lengkap

Pesawaran Lampung, Punya Destinasi Wisata Yang Lengkap

Kabupaten Pesawaran di Lampung bagian selatan bisa jadi alternatif untuk berwisata di akhir pekan. Sebab kabupaten yang terdiri dari 37 pulau ini punya destinasi wisata yang lengkap.

Terdapat wisata bahari, wisata pergunungan dan air terjun, serta wisata perkebunan atau agrowisata.

“Sektor pariwisata merupakan yang paling cepat meningkatkan tarif ekonomi masyarakat. Maka dari itu pariwisata di Pesawaran, alhamdulillah diberkahi alam yang sangat indah,” kata Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona.

Deni menjelaskan letak Pesawaran yang terbolang dekat dari Jakarta juga menjadi keunggulan. Pesawaran dapat ditempuh 30 menit dengan pesawat dari Jakarta.

Obyek wisata ternama di Pesawaran adalah Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata bahari yang cocok untuk aktivitas selam, snorkeling, atau sekedar menikmati suasana pantai.

Masih ada obyek wisata bahari lainnya seperti Pulau Legundi, Pulau Wayang, Pulau Mahitam, dan pulau-pulau lainnya yang masih belum terkenal di kalangan wisatawan.

Di samping wisata bahari, Pesawaran juga sedang mengembangkan agorowisata dan taman hutan rakyat.

“Horti Park atau Taman Hortikultura akan dibangun, juga Lampung Astronomical Observatory (LAO) akan ada di Tahura (Taman Hutan Rakyat) Wan Abdul Rahman. Rencananya tahun depan dibuka, dan teropong di Bosscha Bandung dipindahkan ke sini,” jelas Deni.

Kabupaten Pesawran juga berencana untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus untuk Pariwisata di Teluk Pandan. Pada 2025 Pesawaran ditargetkan menjadi ‘Bumi Wisata’.

Data dari Kabupaten Pesawaran, pertumbuhan kunjungan wisatawan khususnya domestik ke obek wisata di sekitar Pesawaran mencapai 15 persen. Pada 201 ada 928.500 wisatawan domestik yang berkunjung ke Pesawaran.

travel.kompas.com/Image KabarPenumpang.com