HUT ke-247 Kota Pontianak Gelar Festival Pesona Lokal

HUT ke-247 Kota Pontianak Gelar Festival Pesona Lokal

PONTIANAK – Kota Pontianak menggelar Festival Pesona Lokal yang rencananya akan dipusatkan di Taman Alun Kapuas pada 14 Oktober 2018.

Festival yang dihelat salah satu perusahaan pembiayaan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak ini merupakan rangkaian HUT ke-247 Kota Pontianak dan HUT ke-28 Adira Finance.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews untuk turut serta mempromosikan dan mendukung potensi serta kearifan lokal melalui Pariwisata, Budaya, Pendidikan dan UMKM.

Sebelumnya, festival serupa juga sudah dilaksanakan di sejumlah kota di Indonesia, diantaranya Bandung, Solo dan Bali. Pontianak merupakan satu-satunya kota di Pulau Kalimantan yang didaulat menyelenggarakan festival tersebut.

Regional Collection Head Area Kalimantan Adira Finance, Hendarto Nugroho mengungkapkan, Pontianak dipilih sebagai salah satu dari sembilan kota penyelenggara berawal dari kesuksesan penyelenggaraan acara Satu untuk Negeri.

“Pontianak juga memiliki budaya yang beragam dibanding dengan kota-kota lainnya,” ungkap Hendarto dalam konferensi pers di Pontianak, Rabu (3/10/2018).

“Adira Finance berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui berbagai program CSR Adira Finance untuk Indonesia yang mengarah pada pengembangan komunitas,” kata Hendarto.

Selain itu, sambung Hendarto, Festival Pesona Lokal ini bertujuan untuk mempromosikan daerah yang memiliki potensi untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri serta mendukung kearifan lokal dari suatu daerah sehingga pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pendapatan daerah.

Sejumlah kegiatan yang akan berlangsung dalam festival tersebut diantaranya Lomba Karnaval Budaya, Lomba Mural, Kreasi Masakan Daerah, dan Pasar Rakyat (Otomotif, Produk UMKM, Kuliner) dan penghargaan UMKM Terbaik.

Pada ajang tersebut juga akan diberikan penghargaan Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut.

“Penganugerahan penghargaan akan dilaksanakan pada program tv Indonesia Award yang akan ditayangkan di iNews,” papar Hendarto.

Senada dengan Hendarto, Cluster Collection Head Area Kalimantan, Tutut Eka Setiyana mengatakan Festival Pesona Lokal merupakan salah satu bentuk atraksi yang diharapkan mampu menarik wisatawan untuk mengujungi sebuah daerah.

Kegiatan ini turut didukung penuh oleh PT Asuransi Adira Dinamika sebagai penyedia asuransi perjalanan dan asuransi personal accident yang memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat akan risiko yang mungkin terjadi selama melakukan perjalanan terutama selama Festival Pesona Lokal berlangsung.

Sejalan dengan tujuan kegiatan CSR Festival Pesona Lokal, Adira Insurance juga mendorong penerapan program keselamatan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung aksesibilitas kawasan daerah wisata yang aman, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA).

“Tentu saja untuk mendukung pariwisata Indonesia, harus ada keterlibatan dari semua pihak. Termasuk Adira Insurance yang mendukung kegiatan ini, dengan memberikan asuransi personal accident kepada para pengunjung Festival Pesona Lokal,” ujar Tuyut.

“Sehingga mereka tidak perlu merasa khawatir dan aman selama menyaksikan dan menikmati rangkaian acara kali ini,” tambahnya.

Yuyut menjelaskan, Adira Insurance juga terus secara berkelanjutan mendorong Pemerintah Kota Pontianak untuk menyediakan akses kawasan daerah wisata yang aman dan selamat.

Melalui produk Traveling, menjadi komitmen Adira Insurance untuk turut berperan aktif mendukung pariwisata Indonesia. Tidak hanya memberikan perlindungan, namun juga dapat memberikan berbagai kemudahan selama melakukan perjalanan. “Sehingga traveler tetap merasa tenang dan aman selama melakukan perjalanan,” jelasnya.

Pendaftaraan keikutsertaan di Festival Pesona Lokal Pontianak telah dibuka sampai dengan tanggal 13 Oktober 2018. Terdapat total hadiah senilai ratusan juta rupiah bagi para pemenang lomba pada kegiatan Festival Pesona Lokal.

Untuk informasi pendaftaran, peserta bisa mendaftar melalui microsite Festival Pesona Lokal di bit.ly/festivalpesonalokal.

Kegiatan Festival Pesona Lokal Pontianak juga akan dimeriahkan oleh berbagai penampilan menarik dari artis lokal dan ibu kota Trio Macan.

“Kami harap masyarakat dari suatu daerah mengetahui atau menyadari potensi dan kearifan lokal dari daerahnya serta berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” pungkas Yuyut.

travel.kompas.com