Baubau Siap Gelar Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton

Baubau Siap Gelar Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton

Baubau – Pemerintah Kota Baubau  Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai  merampungkan persiapan Festival Kota Tua Keraton Kesultanan Buton dalam rangka  menyambut hari jadi Baubau ke- 477 dan HUT Kota Baubau ke-17 sebagai daerah otonom tahun 2018.

Rangkaian kegiatan mulai dari pameran benda pusaka dan produk daerah, Kande-kandea (makan bersama)  berbagai prosesi adat hingga pagelaran kesenian serta Karnaval Budaya Kota Tua Keraton Kesultanan Buton  akan dilaksanakan mulai 11 Oktober hingga puncak kegiatan 17 Oktober 2018.

“Kemarin kita kunjungan lapangan juga kita melihat kesiapan Insha Allah sudah 60 sampai 70 persen lah dan Insha Allah sesuai target,”Ungkap  Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.Selasa,(9/10/2018).

Wakil Wali Kota optimis agenda tahunan pemkot  tersebut akan terlaksana sesuai jadwal.

“Setiap malam itu akan ada pagelaran dan masing-masing Dinas akan ada stand-stand capaian  dan inovasi pemerintah selama setahun,”Lanjut Monianse.

Beberapa kegiatan akan terpusat di pelataran Kota Mara Kota Baubau seperti Pembukaan pameran Baubau Expo dan pagelaran kesenian dan budaya daerah, sementara berbagai Prosesi adat akan disesuaikan dengan lokasi prosesi itu berada.

Khusus Serasehan Budaya Masyarakat Adat dan  Pekande-kandea akan dilaksanakan di Baruga Keraton Buton.

Sementara itu untuk mengisi  panggung HUT Kota Baubau nanti, rencananya  akan ada hiburan dari  grup band Gigi dan Jenita Janet serta beberapa artis lokal lainnya.

rri.co.id/Image komoditas.co.id