Ancol Gelar Pertunjukan Budaya Asia Selama Asian Games

Ancol Gelar Pertunjukan Budaya Asia Selama Asian Games

Selain bisa menyaksikan para atlet berlomba di cabang olahraga ski dan layar, wisatawan Ancol juga disuguhkan pertunjukan budaya, kuliner, dan lampion negara-negara peserta Asian Games.

Sepanjang Gelaran Asian Games, Ancol Taman Impian mengubah Pantai Festival menjadi pantai yang bertemakan budaya Asia dan Nusantara.

Asian Lantern Festival jadi suguhan utamanya. Puluhan lampion berbentuk bendera dan landmark-landmark bangunan berbagai negara Asia siap menjadi latar berfoto wisatawan pada sore dan malam harinya.

Landmark tersebut mulai dari Taj Mahal, Merlion hingga Monas serta ondel-ondel akan bersinar setiap malam. Uniknya, lampion tersebut tidak hanya ada di daratan, tetapi akan ada juga yang terapung di laut, seperti lampion perahu naga.

“Kami buat ‘instagramable’ pokonya, mulai landmark negara, bendera, dan ciri khas-ciri khas dekorasi negara Asia terwakili semua di sana,” tutur Vice President Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto saat konferensi pers di Resto Mang Engking, Ancol, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Asian Lantern Festival ini akan berlangsung mulai 10 Agustus hingga Asian Games 2018 selesai pada akhir September 2018.

Masih di tempat yang sama Pantai Festival, wisatawan bisa menyaksikan ragam pertunjukan budaya negara-negara Asia, yang bertajuk “Asian Culture Show” secara bergiliran di sana mulai 16 Agustus-2 September 2018.

Berbagai parade busana daerah-daerah di Indonesia, hingga negara-negara Asia akan ditampilkan secara bergantian. Ada juga pertunjukan tarian tradisional, dan hiburan berbagai kebudayaan lain.

Di sudut Pantai Festival lainnya, telah tersedia stan-stan kuliner berbagai negara Asia, mulai dari kuliner Timur Tengah yang kaya rempah, jajanan Thailand yang terkenal, hingga kudapan tradisional daerah Indonesia yang tidak diragukan lagi kelezatannya.

Sunarto mengatakan di momen tersebut pihaknya benar-benar ingin memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia di hadapan wisatawan mancanegara maupun nusantara, sekaligus sebagai malam keakraban budaya-budaya negara Asia.

“Seperti malam keakraban budaya Asia, kami undang berbagai warga dan perangkat pemerintahan. Para atlet terutama cabang jetski dan layar yang tampil di Ancol juga kita undang untuk hadir dan ikut memeriahkan di malam persahabatan ini,” terangnya.

kompas.com/Image detikNews