Museum Sebagai Sarana Edukasi dan Wisata

Museum Sebagai Sarana Edukasi dan Wisata

Padang – Museum selain untuk menyimpan benda – benda bersejarah yang nantinya dapat di manfaatkan oleh para generasi muda, khususnya palajar, Museum juga dapat di gunakan sebagai sarana wisata bagi keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Museum Adityawarman Provinsi Sumatera Barat disela-sela kegiatan pameran regional se Sumatera Senjata Tradisional yang berlangsung hingga tanggal 28 Februari 2019 mendatang di Museum Adityawarman. Pameran tersebut menampilkan 72 senjata tradisional dari 8 Provinsi di Sumatera.

Adi Saputra menjelaskan sesuai dengan misi Museum Adityawarman warman yakni mengaplikasikan peran museum sebagai pelestarian benda-benda sejarah dan budaya di Sumatera Barat, mengkomunikasikan koleksi sebagai bukti sejarah budaya Sumatera Barat dan mendorong generasi muda dan mayarakat agar mencintai museum sebagai sarana edukasi, cultural dan rekreasi.

“ kita terus memberikan informasi kepada masyarakat, terutama pelajar. Museum selain tempat edukasi juga sebagai tempat berwisata keluarga, kita terus memberikan pelayanan yang terbaik buat pengunjung,”ujar Adi Saputra. Rabu (29/08/2018).

Lebih lanjut Kepala Museum Adityawarman Sumatera Barat Adi Saputra menjelaskan, selain dimanfaat sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata, Museum juga sebagai tempat yang tidak menjenuhkan, hal – hal lain yang belum diketahui oleh para generasi muda, agar para generasi muda terbentenggi dari pengaruh budaya luar.

Adi Saputra menambahkan, sesuai instruksi dari Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, pihaknya akan menyurati setiap sekolah di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang untuk mewajibkan anak-anak didiknya datang ke Museum Adityawarman untuk melihat Pameran Regional Senjata Tradisional se Sumatera tersebut. Pameran tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai bahan tambahan dalam mata pelajaran di sekolahnya.

rri.co.id/Image indonesiakaya.com