Kerajaan Arab Saudi Gelar Festival Kebudayaan, Semarakkan Asian Games di Jakarta

Kerajaan Arab Saudi Gelar Festival Kebudayaan, Semarakkan Asian Games di Jakarta

JAKARTA – Memeriahkan Asian Games 2018 di Indonesia, Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi membuat pameran kebudayaan Saudi House di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, 19-22 dan 24-28 Agustus 2018.

Pameran Saudi House ini bebas dikunjungi oleh wisatawan manapun khususnya Indonesia. Selama pameran, wisatawan disuguhkan berbagai paviliun yang meliputi: kaligrafi, seni visual Saudi, kurma, Zamzam, henna, dua masjid muci, dan masakan tradisional.

Selain itu terdapat panggung utama yang menyajikan pertunjukan-pertunjukan kebudayaan tradisional kerajaan Asab Saudi. Uniknya di dalam area acara 4.500 meter persegi dibangun tenda-tenda gurun khas Arab Saudi untuk wisatawan beristirahat dan menonton pertunjukan.

“Tujuan dalam rangka Memeriahkan Asian Games mendukung atlet-atlet Saudi, sambil memperkenalkan potensi dan kebudayaan kita utamanya ke masyarakat Indonesia,” tutur Moudy Alsudairi, Saudi House Representative Jakarta, Jumat (24/8/2018)

Ia mengatakan ini baru yang pertama kalinya Saudi House digelar, dan mendapat respon luar biasa dari masyarakat Indonesia.

Pengunjung terlihat membludak bahkan dari petugas kemanan harus memberlakukan tiga kali buka tutup pintu masuk pada hari itu. Di sana pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan penggunaannya di zaman modern, yang merupakan esensi kunci dari seni Islam.

Pengunjung juga bisa belajar membuatnya, atau mengambil kupon untuk dibuatkan kaligrafi dari namanya sendiri.

Sepanjang dinding paviliun ini ditampilkan berbagai lukisan, fotografi, dan karya seni kaligrafi seniman Saudi. Tidak jauh dari itu juga ada kesenian henna yang bisa dicoba pengunjung wanita.

Perjalanan berlanjut ke paviliun dua masjid suci, yang menghadirkan serba serbi Masjidil Haram di Makkah dan Masjid An Nabawi di Madinah, mulai dari video presentasi, hingga miniatur.

Moudy mengatakan di siang hari, para ahli dari Universitas Umm Al-Qura di Mekkah juga hadir untuk memberikan penjelasan rinci mengenai dua Masjid Suci dengan bahasa Inggris.

Tidak jauh dari sana, ada paviliun Olimpiade Arab Saudi yang memberikan informasi sejarah partisipasi Arab Saudi dalam Asian Games dan Olimpiade, serta menyoroti prestasi yang telah ditorehkan para atlet Saudi.

Jika perut sudah sedikit keroncongan, saatnya mengantre di paviliun kurma dan air zamzam. Di paviliun kurma, ada sepuluh jenis kurma yang berbeda berasal dari daerah Al Qassim.

Para pengunjung dapat mencicipi dan mendapatkan pengetahuan tentang kurma dari para ahli Al Qassim University.

“Kita bawa banyak caranya dibekukan jadi kepingan, dikeluarkan sedikit-sedikit dua-dua (jenis) hitam dan cokelat,” tutur Kaab, yang koordinator paviliun ini saat dikunjungi KompasTravel.

Saudi House membawa enam ton kurma langsung dari Arab Saudi. Saudi House juga memiliki paviliun Zamzam (Air Suci Muslim), yang dibawa langsung dari Kota Suci Mekkah di mana para pengunjung dapat merasakan air Zamzam dan juga disediakan botol yang dapat dibawa pulang.

Jangan lewatkan juga paviliun Saudi Arabian Culinary, yang paling banyak digandrungi pengunjung kala itu. Di paviliun kuliner Saudi, Saudi House mendatangkan langsung koki dari Arab Saudi untuk memasak dan menyajikan hidangan Saudi, seperti nasi kabsa, dan khibdah untuk bisa dicicipi pengunjung.

Meski yang disajikan banyak, hidangan ini amat cepat habis. Alhasil pengunjung pun harus menunggu dimasak beberapa jam kemudian.

Untuk kenang-kenangan sebelum pulang, pengunjung bisa berfoto dengan busana khas Timur Tengah, juga busana tradisional warisan Kerajaan Arab Saudi. Baju yang disediakan mulai dari jubah tradisional, jubah kerajaan, kain sulam khas, kain pola dan lainnya.

Sesi photobooth dengan kostum dan latar ala kerajaan Saudi ini gratis, pengunjung bisa langsung membawa hasil cetak foto yang sudah di frame bertemakan Saudi Arabia.

Setiap harinya juga ada pembagian puluhan Al-Quran Madinah gratis dengan berbagai ukuran, dari kerajaan untuk para pengunjung yang membutuhkan.

Saudi House terbuka gratis untuk umum mulai pukul 14.00-22.00 WIB. Layanan antar-jemput gratis juga tersediadari Stasiun Palmerah, Stasiun Sudirman, dan Stadion Gelora Bung Karno.

travel.kompas.com/ImageĀ ahad.co.id AHAD.CO.ID