Pertunjukan Silat Hingga Reog Sambut Obor Asian Games di Siak

Pertunjukan Silat Hingga Reog Sambut Obor Asian Games di Siak

Siak, Riau – Lapangan di depan istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau,  menjadi arena utama penyambutan kirab Obor Asian Games 2018, Rabu malam, 1/8. Sejumlah pertunjukan seni dan budaya digelar di sana, seperti kesenian pencak silat, reog, barongsai dan budaya khas Melayu lainnya.

Sebelum sampai istana Siak, obor Asian Games dibawa berlari dari kantor bupati secara bergantian. Kegiatan ini mendapat sambutan meriah warga. Mereka memenuhi tepi-tepi jalan yang dilalui rombongan kirab.

Kota Siak yang biasanya lengang pada malam hari itu pun berubah menjadi meriah. Siak adalah kota ke-11 dari 18 kota di Nusantara yang dilewati kirab obor Asian Games.

Dalam prosesi kirab obor tersebut tampil juga atlet karate Buffon Julianto Sinaga, yang baru-baru ini menjadi juara dunia junior di Belgia. Atlet asal Siak berusia 10 tahun tersebut membawa obor melintasi jembatan Siak.

Saat memberikan sambutan Bupati Siak H Syamsuar Msi mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelemggara Asian Games yang telah memilih Kabupaten Siak sebagai jalur kira obor Asian Games 2018.

Dia berharap kirab obor Asian Games ini bisa memberi semangat atlet-atlet Siak untuk bisa berprestasi seperti Buffon Sinaga.

Api Asian Games itu tidak diinapkan di Siak karena setelah acara langsungnya dibawa ke ibukota Riau Pekanbaru.

ANTARA/Image humas.bengkaliskab.go.id