Selama Bulan Juli Ada Tiga Festival di Sumbawa

Selama Bulan Juli Ada Tiga Festival di Sumbawa

Jakarta – Sekretaris Kementerian Kordinator Maritim Agus Purwoto meresmikan kegiatan festival yang akan berlangsung di Nusa Tenggara Barat (NTB) selama Juli Berlangsung di Balai Kartini Jakarta, Ahad 15 Juli 2018 malam. Kegiatan itu adalah: Sail Indonesia–Samota (Satonda, Moyo, Tambora),  Festival  Bulan Pesona Lombok Sumbawa, dan Festival Pesona Moyo.

Kegiatan launching itu diramaikan atraksi tarian Zapin Melayu,  pagelaran Tanjung Menangis dan penampilan Vina Panduwinata. Artis kawakan ini menyanyikan lima lagu lamanya yang pernah popular: Kekasih, Burung Camar, Di Dadaku Ada Kamu, dan Aku Makin Cinta.

Sail Samota yang bakal diramaikan 170 kapal layar yacht berbagai Negara dari Australia, Asia, Eropa dan Amerika dijadwalkan berlabuh pada 9 – 23 September 2018 di Labuan Badas Sumbawa Besar. Presiden Joko Widodo diagendakan membuka sail ini.

Sail Samota akan berisi mata acara, antara lain, atraksi Culture Performance di Pelabuhan Badas, Expo Maritim, International Culinary, Moyo Tambora Fun Run, Investment Forum, Tambora Volcano Tour, International Yacht Rally, City Parade, Dialog Budaya, International Tenun Fest, dan Bakti Sosial Kesehatan Gratis.

‘’Ini harus sukses. Kami ingin menjadi Sail Indonesia terbaaik, ‘’ kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal, selesai acara launching.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin menyebutkan kreatifitas kegiatan kepariwisataan mampu menumbuhkan ekonomi NTB selama lima tahun terakhir ini sebesar 7,1 persen di atas rata-rata nasional. Tahunn 2018 ini target kunjungan wisatawan 4,5 juta orang dan tahun depan ditingkatkan menjadi lima juta orang. ‘’Sama dengan jumlah penduduk NTB,’’ ujar Muhammad Amin.

tempo.co