Ratusan Peserta Mancanegara Ramaikan Festival Cross Culture di Surabaya

Ratusan Peserta Mancanegara Ramaikan Festival Cross Culture di Surabaya

Jakarta – Ratusan peserta mancanegara dan perwakilan kota dari Indonesia meramaikan pembukaan festival Surabaya Cross Culture International Folk Art, di Surabaya. Mereka menampilkan tarian tradisional masing-masing daerahnya di sepanjang Jalan Tunjungan, Minggu, 15/7.

“Ini menunjukkan Surabaya sudah aman dan ke depan jumlah peserta yang ikut semakin banyak,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di sela acara pembukaan. Acara ini akan berlangsung hingga 19 Juli.

Beberapa Negara yang berpartisipasi, antara lain, Uzbekistan, Rusia, New Zealand, Bulgaria, Jerman, Polandia, dan Rumania. Ada pun kota di Indonesia yang terlibat, diantaranya, Singkawang dan Banjarmasin. Usai menampilkan festival tari-tarian, para peserta menuju Balai Kota Surabaya dengan menggunakan becak hias.

Risma mengatakan peserta acara Surabaya Cross Culture tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Menuut dia hal ini tidak lepas dari persiapan yang lebih baik dibanding tahun lalu.  “Semakin banyak peserta, semakin bagus, karena Surabaya akan menjadi kota wisata.”

Selain Cross Culture, dalam waktu dekat Kota Surabaya juga akan menggelar kegiatan internasioal lain, yakni United Cities and Local Governments Asia-Pacific ( UCLG ASPAC)  pada September. Acara ini akan dihadiri delegasi 150 negara. Lalu ada juga  Start Up Nation Summit pada November yang akan dihadiri 100 negara.

ANTARA/Image GLOBALINDO.co