Pawai Budaya Memperingati Hari Jadi Ke-112 Kota Blitar

Pawai Budaya Memperingati Hari Jadi Ke-112 Kota Blitar

BLITAR – Pawai Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-112 Kota Blitar berlangsung cukup meriah. Pawai dilepas oleh Wali Kota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar di Jalan Merdeka Kota Blitar tepatnnya depan Kantor Wali Kota.

Sebanyak 47  peserta pawai terdiri dari berbagai eleman dan instansi meramaikan har jad Blitar. Mulai dari lembaga pemerintahan masing-masing sekretariat daerah, OPD, kecamatan, kelurahan hingga tingkat sekolah turut juga ikut memeriahkan pawai budaya kali ini. Pelepasan disaksikan unsur Forkompinda Blitar. Setiap peserta pawai menunjukkan kreasi saat melintasi panggung kehormatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman, mengatakan  pawai budaya ini merupakan suatu upaya untuk memperkenalkan lebih dekat kreasi dan prestasi Kota Blitar kepada masyarakat. Serta memperkenalkan potensi wisata Kota Blitar kepada wisatawan lokal dan mancanegara.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kebersamaan. Dan juga diharapkan menjadi daya tarik wisata baik dalam negeri maupun mancanegara,” kata Tri Iman dalam laporan kegiatan jelang pemberangkatan peserta pawai.

Pawai budaya  juga dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan serta mempromosikan berbagai kreasi seni budaya. Kegiatan ini rutin digelar oleh Pemkot Blitar setiap tanggal 1 April untuk memeriahkan rangkaian hari jadi.

“Momentum ini bagaimana Kota Blitar memberikan antraksi kepada masyarakat luas dalam rangka untuk menyaksikan seni budaya yang ada menjadi sebuah antraksi pariwisata,” tukasnya.

Terik panas matahari yang menyengat tak menyurutkan warga untuk menyaksikan pawai yang digelar satu tahun sekali ini. Pujianto, salah satu warga Kota Blitar mengatakan bahwa pawai budaya ini merupakan agenda yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga Kota Blitar.

“Kita sudah hafal, pawai budaya ini selalu digelar setiap 1 April. Untuk tahun ini waktunya pas hari Minggu, pas hari keluarga. Pawai ini bagus sebagai edukasi. Dengan acara seperti ini akan mempertebal rasa cinta rakyat kepada Kota Blitar,” tandasnya.

m.jatimtimes.com