Surakarta – Bali, Optimalkan Destinasi Wisata

Surakarta – Bali, Optimalkan Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata Kota Surakarta siap menjajaki pasar Bali untuk mengoptimalkan destinasi wisata di Kota Solo.

“Kemarin kami menerima kunjungan para `travel agent` dari Bali, ternyata mereka menganggap Kota Solo sebagai kota wisata yang menarik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan di Solo, Rabu.

Ia mengatakan pada kunjungannya di Kota Solo para agen perjalanan tersebut juga menggelar pertemuan dengan para agen perjalanan dari Solo.

“Nantinya mereka ini saling bertukar paket wisata. Saya rasa ini upaya yang sangat baik, apalagi Bali-Solo juga ada penerbangan langsung,” katanya.

Ia mengatakan beberapa sektor wisata yang menarik para wisatawan sehingga agen perjalanan dari luar daerah ingin mengajak para wisatawan ke Solo di antaranya wisata kuliner dan berburu batik.

Dia optimistis Solo dapat mengoptimalkan pasar Bali mengingat selama ini banyak pelaku usaha di Bali yang melakukan kerja sama dengan pelaku usaha asal Solo.

“Bahkan oleh-oleh khas Bali banyak yang didatangkan dari Solo, seperti kaos. Ini merupakan peluang usaha,” katanya.

Ia mengatakan makin banyak orang berkunjung ke Bali, juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Solo karena makin banyak pesanan kaos yang masuk ke pelaku usaha Solo.

Sementara itu, langkah serupa yaitu melakukan kunjungan ke daerah lain juga dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Surakarta dengan mengajak para pelaku industri pariwisata.

Ia berharap melalui upaya tersebut target jumlah kunjungan wisata pada tahun ini sebanyak 44.000 wisatawan mancanegara dan 4,75 juta wisatawan domestik dapat tercapai.

antaranews.com