Festival Keraton Nusantara 2017, Cirebon Menjadi Tuan Rumah

Festival Keraton Nusantara 2017, Cirebon Menjadi Tuan Rumah

Kota Cirebon kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelengaraan Festival Keraton Nusantara 2017 pada 15-20 September mendatang. Even FKN ke-11 tahun ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Cirebon, setelah 20 tahun lalu, pada FKN pertama.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat mengungkapkan, even FKN nantinya diisi dengan berbagai acara. Mulai dari kirab prajurit keraton, pameran benda pusaka keraton, pertunjukan seni keraton, pagelaran upacara adat, tradisi keraton, musyawarah raja-raja nusantara, seminar budaya dan pameran kerajinan serta kesenian rakyat.

“Selama even FKN berlangsung, diperkirakan membutuhkan kamar hotel sekitar 5.000-7.000 kamar,” ujarnya seusai memimpin rapat persiapan FKN di Keraton Kasepuhan, Rabu, 5 April 2017.

Menurut Arief, FKN ini akan berdampak ekonomi yang sangat baik untuk masyarakat maupun daerah. “Even ini juga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Cirebon dan Jabar,” katanya.

Arief berharap seniman, budayawan, sejarawan dan warga Cirebon memanfaatkannya untuk ajang silaturahmi dan berbagi serta menimba ilmu. “Bagi mahasiswa, dan siswa dari mulai SD sampai SLTA juga bisa ikut belajar, sejarah, budaya dan seni dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Soalnya, kata Arief, belum tentu nantinya akan ada lagi kegiatan serupa di Cirebon. Menurut dia, pihaknya berinisiatif mengundang Pemkot Cirebon dan Pemprov Jabar, untuk membahas even FKN, karena waktu semakin dekat.

“Ini kan kegiatan nasional yang pembahasannya ada banyak hal dari mulai kesiapan anggaran, kesiapan acara, penyusunan panitia dan penyusunan rencana kerja,” katanya.

Menurut Arief, pemkot dan pemprov Jabar minta waktu sampai minggu depan untuk menyusun anggaran riilnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kota Cirebon, Dana Kartiman mengatakan pelaksana kegiatan FKN 2017 diambil dari tiga keraton yang ada di Kota Cirebon, Disbudparpora Kota Cirebon dan Dinas Pariwisata Jawa Barat dengan membentuk panitia gabungan.

Dia menuturkan undangan telah disebar ke 50 keraton yang menjadi peserta FKN 2017 dan 100 undangan lainnya untuk keraton peninjau. Adapun keraton yang menjadi peserta merupakan keraton yang masuk di Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN).

“Kami menargetkan puluhan ribu wisatawan yang datang ke Kota Cirebon baik sebagai peserta ataupun sekedar ingin menyaksikan rangkaian acaranya,” Katanya.

pikiran-rakyat.com/Image kebudayaan.kemdikbud.go.id