Buleleng Expo 2017 dan Pesta Kesenian Bali, Perkenalkan Potensi Budaya dan Pariwisata

Buleleng Expo 2017 dan Pesta Kesenian Bali, Perkenalkan Potensi Budaya dan Pariwisata
Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) setempat siap menggelar “Buleleng Expo 2017” guna menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kami merencanakan kegiatan yang juga dilakukan bersamaan dengan Pesta Kesenian Bali di Kabupaten Buleleng pada 17-21 Mei 2017,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng,Putu Tastra Wijaya, di Singaraja, Senin.

Menurut dia, Buleleng Expo bertujuan memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut dalam berbagai sektor budaya dan pariwisata.

Selain menampilkan pameran kebudayaan, stan kuliner dan juga penampilan kreasi kesenian, juga diundang kreasi kesenian Nusantara dari beberapa daerah lain di Indonesia.

“Rencananya, kami menampilkan berbagai jenis kreasi kesenian tradisi Bali seperti tabuh kreasi anak-anak, gong kebyar wanita dan juga penampilan janger menyali yang merupakan kesenian klasik. Kami sudah undang peserta dari Aceh dan Nabire yang siap datang dan memeriahkan Buleleng Expo,” kata dia.

Buleleng Expo kali ini, kata Tastra, murni tidak menggunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemkab Buleleng karena didukung penuh pihak swasta dan sponsor.

“Kedepan, Buleleng terus mendorong pengembangan daya tarik pariwisata melalui pameran guna semakin menyemarakkan dunia kepariwisataan di Bali Utara,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, I Nyoman Sutrisna, mengatakan pagelaran pariwisata yang baru pertama kali digelar tersebut juga berencana mengundang wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Mereka (wisatawan) diajak berkeliling ke beberapa objek wisata unggulan (di Buleleng). Nanti, kami ajak berkeliling ke beberapa destinasi wisata seperti Buyan dan Tamblingan, wilayah Desa Tua dan juga ke beberapa pusat perbelanjaan oleh-oleh di Buleleng,” paparnya.

antarabali.com/Image metrobali.com