Dinas Kebudayaan Yogyakarta Gelar Festival Wayang Topeng

Dinas Kebudayaan Yogyakarta Gelar Festival Wayang Topeng

Yogyakarta  – Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Wayang Topeng 2017 dalam pengembangan kesenian dan budaya daerah.

“Festival Wayang Topeng ini dilaksanakan pada 3-4 April 2017 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Festival ini akan dimeriahkan penampilan kesenian wayang topeng dari Malang, Madura, Lamandau (Kalimantan Tengah), Bali, Indramayu, dan Yogyakarta,” kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono di Yogyakarta.

Pada hari pertama 3 April dimulai pukul 18.00 WIB dan akan tampil Kelompok Saujah dari Magelang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Madura, dan Bali.

“Selanjutnya pada malam kedua 4 April dimulai pukul 19.30 WIB menampilkan kontingen Malang, Indramayu, dan Lamandau (Kalimantan Tengah),” katanya.

Ia mengatakan, kesenian topeng merupakan satu bentuk ekspresi seni paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia.

“Pada sebagian besar masyarakat, kesenian topeng memegang peranan pentiog dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai magis dan suci. Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur,” katanya.

Umar mengatakan, melalui Festival Wayang Topeng ini, Dinas Kebudayaan DIY mengangkat topeng sebagai sebuah karya tari yang mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing daerah.

“Eksistensi kesenian tradisi topeng perlu di picu dan diberi ruang serta dipromosikan sebagai kekayaan budaya,” katanya.

antaranews.com/Image harnas.co