Tradisi Adat Buton “Pekande-Kandea” Penyambutan Menteri Agama

Tradisi Adat Buton “Pekande-Kandea” Penyambutan Menteri Agama

Baubau : ‘Pekande-Kandea’ atau acara Makan-Makan Tradisi Adat Buton, Sulawesi Tenggara, kembali menjadi rangkaian kegiatan penyambutan Menteri Agama (Menag) dalam kunjungan  kerjannya selama dua hari di di Kota Baubau, sejak 20 hingga 21 Maret 2017.

Menteri Agama H. Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, cukup bangga dengan tradisi leluhur masyarakat Kota Baubau yang masih terus dilestarikan hingga kini.

“Jadi ini makan bersama yang subhanallah sekali pertama bagi yang menunjukan keakraban betapa tradisi itu tetap dijaga dan semangat kebersamaan itulah yang harus mampu kita rawat sehingga kerukunan hidup antara kita tetap bisa kita pelihara,” tutur Menag H Lukman Hakim Saifuddin di pelataran Benteng Keraton Buton, Selasa (21/3/2017).

Menurut Lukman Hakim, semangat yang dibangun dalam tradisi pekande-kandea ini dapat memupuk rasa solidaritas antara semua umat sebab selain menyantap bersama aneka sajian panganan Khas Buton kebersamaan pun akan terjalin melalui pesta adat ini.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Baubau Maasri mengungkapkan, jumlah talang yang disajikan dalam penyambutan ini sebanyak 200 lebih dengan sajian aneka makanan tradisional masyarakat Buton.

Dalam penyajian seluruh talang ini, Pemerintah Kota  melibatkan seluruh sekolah di Kota Baubau, mulai tingkatan SD hingga SLTA, serta beberapa talang dari unsur SKPD di Kota Baubau.

“Tradisi pekande-kande masyarakat eks Kesultanan Buton ini menjadi salah satu unsur budaya yang terus dilestarikan, baik dari jenis kulinernya hingga bentuk penyajiannya dalam sebuah talan. Selain itu, pesta santap persama ini dapat dijadikan sebagai sarana budaya khas Buton yang membedakan dengan daerah lainnya,” kata Maasri.

Di hari yang sama sebelum pesta adat Pekande-Kandea, Menag Lukman Hakim Saifuddin diberi gelar ‘La Ode’ oleh perangkan Kesultanan Keraton Buton dengan sebutan ‘Mia Ogena yi Sara Agama’. Gelar tersebut diberikan kepada seseorang sebagai bentuk pujian atas perannya untuk membawa kemaslahatan masayarakat.

rri.co.id