HUT ke-161 Kabupaten Cilacap, Sederhana Namun Tetap Semarak dan Meriah

HUT ke-161 Kabupaten Cilacap, Sederhana Namun Tetap Semarak dan Meriah

Cilacap : Puncak prosesi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-161 Kabupaten Cilacap diselenggarakan hari Selasa (21/3/2017).

Rangkaian prosesi diawali upacara HUT di halaman pendopo Wijayakusuma, dilanjutkan rapat paripurna istimewa DPRD Cilacap.

Puncaknya, prosesi HUT ditandai dengan kirab dan serah terima lambang daerah “Jalabhumi Wijayakusuma Cakti” dari DPRD kepada Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Kirab dan serah terima lambang daerah didahului tarian prosesi oleh 19 penari dipimpin oleh Bambang Joss, dari sanggar tari tradisional Cilacap.

Selanjutnya, rombongan DPRD Cilacap dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Mujiono berjalan pelan menuju panggung kehormatan, didampingi seorang prajurit pembawa bendera lambang daerah Cilacap.

Pada sebuah panggung kecil di depan panggung kehormatan, dilakukan serah terima bendera lambang daerah oleh Mujiono kepada Bupati, Tatto.

Serah terima ini menjadi simbol penyerahan kepercayaan dan mandat rakyat, oleh wakil rakyat kepada Bupati sebagai pemegang mandat rakyat.

Tatto selanjutnya membawa bendera dengan warna dasar biru tersebut ke atas panggung kehormatan dan menancapkannya di sisi timur panggung.

Ketua Umum Panitia HUT ke-161 Kabupaten Cilacap 2017, Ahmad Arifin menuturkan prosesi HUT  tahun ini diselenggarakan secara sederhana, namun tetap semarak dan meriah.

“Kami perlu sampaikan bahwa berbagai lomba, olahraga, kesenian dan hiburan diselenggarakan oleh masyarakat secara swadaya se-Kabupaten Cilacap. Hal ini menunjukkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap kabupaten ini, sehingga menjadi modal penting dalam membangun Cilacap” ujarnya.

Bupati, Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengapresiasi kecintaan masyarakat terhadap Kabuapaten Cilacap, antara lain ditunjukkan dengan menghadiri prosesi sampai acara selesai.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian 2 buah gunungan berisi hasiln umi kepada masyarakat pengunjung serta tarian kolosal melibatkan 230 ana-anak SMA dan SMK se-eks Kotip Cilacap.

Selain pejabat Fourm Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), acara juga dihadiri para kepala SKPD, sejumlah kepala daerah maupun perwakilan dari kabupaten tetangga seperti Banyumas,  Kebumen,  Kuningan, Cirebon,  Ciamis, Banjar, dan Majalengka.

rri.co.id