Peristiwa Alam Equinox, Bayangan Akan Menghilang di Pontianak

Peristiwa Alam Equinox, Bayangan Akan Menghilang di Pontianak

Pontianak – Peristiwa alam langka segera terjadi di Indonesia yaitu Equinox. Matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, bayangan pun akan menghilang di Pontianak.

Peristiwa alam Equinox tidak terjadi setiap hari, melainkan hanya dalam 2 kali setahun. Itu pun tidak terjadi di setiap negara, melainkan hanya beberapa negara saja yang mengalaminya. Indonesia termasuk salah satu diantaranya.

Indonesia pun patut berbangga, karena momen ini akan bisa diamati dan disaksikan secara langsung oleh traveler di Pontianak. Pontianak memang jadi lokasi terbaik untuk menyaksikan peristiwa alam Equinox, karena kota ini memang dilewati garis khatulistiwa, garis yang membelah bumi menjadi 2 bagian, utara dan selatan.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (16/3/2017), fenomena alam Equinox ini akan berlangsung pada sekitar tanggal 21-23 Maret mendatang. Diperkirakan waktu terjadinya pada sekitar pukul 11.38 WIB.

Saat itulah Kota Pontianak akan dilintasi matahari tepat pada 0 detik, 0 menit, dan 0 derajat. Matahari akan berada di garis khatulistiwa. Akibatnya, saat posisi matahari tepat berada di atas kepala, semua bayangan benda-benda di permukaan bumi akan menghilang.

Selain itu, pada saat Equinox jarak antara matahari ke Kutub Utara dan Kutub Selatan sama panjangnya. Akibatnya, lama waktu antara siang dan malam pun sama.

Peristiwa alam langka ini tentu saja jadi buruan para pecinta astronomi. Di beberapa negara, Equinox bahkan dirayakan dengan berbagai festival serta acara yang menarik.

Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak sendiri jadi tempat terbaik untuk membuktikan fenomena bayangan menghilang saat terjadi Equinox. Tugu ini menjadi titik dimana kita bisa menyaksikan bayangan benda-benda akan menghilang.

Selain itu, ada juga fenomena alam lain yang seru untuk dibuktikan, yaitu saat telur bisa berdiri tegak lurus. Ini pun ada penjelasannya secara ilmiah. Telur akan lebih mudah berdiri saat equinox karena sumbu rotasi bumi dan garis bumi ke matahari saling tegak lurus, sehingga menyebabkan garis-garis medan gravitasi bumi bisa mempengaruhi elektron-elektron di dalam telur.

Pengaruh gravitasi itulah yang menyebabkan telur dapat berdiri tegak saat equinox terjadi. Nah, kamu yang penasaran dan tidak percaya, bisa membuktikannya sendiri saat Equinox terjadi pada 21-23 Maret mendatang.

Kamu juga bisa datang ke Pontianak dan mampir ke Tugu Khatulistiwa untuk menyaksikan sendiri fenomena alam Equinox. Mumpung waktunya sudah semakin dekat, kalau menunggu momen berikutnya yaitu 21-23 September mendatang akan terlalu lama.

travel.detik.com/Image otonomi.co.id