Wonderful Indonesia Bakal Unjuk Gigi di Event Festival Chingay Parade, Singapura

Wonderful Indonesia Bakal Unjuk Gigi di Event Festival Chingay Parade, Singapura

Singapura – Chingay Parade merupakan salah satu event festival besar di Singapura berupa pawai terbesar di Asia yang mewakili keragaman budaya. Indonesia pun ambil bagian.

Dalam rilis dari Kementerian Pariwisata yang diterima detikTravel, Minggu (5/2/2017) Wonderful Indonesia akan dipromosikan dalam ajang Chingay Parade pada 10-12 Februari 2017 di F1 Pit Building, Singapura. Diharapkan, mampu mendongkrak citr pariwisata sekaligus menjadi daya tarik wisatawan dari negara itu ke Indonesia.

Chingay Parade 2017 merupakan salah satu event festival besar di Singapura berupa pawai terbesar di Asia yang mewakili keragaman budaya yang ada di Singapura. Chingay yang bermakna sama dengan Mandarin zhuang yi yang berarti seni kostum dan topeng dalam dialek Hokkien pertama kali diselenggarakan pada 4 Februari 1973.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana mengatakan tahun ini dalam penyelenggaraan Chingay Parade yang ke-44, Indonesia kembali berpartisipasi dengan mengirimkan tim kesenian untuk mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.

“Ajang ini merupakan kesempatan baik bagi Indonesia untuk lebih meningkatkan promosi pariwisata Indonesia bagi pasar Singapura dan juga menarik kunjungan wisatawan mancanegara dari sana,” kata Pitana.

Oleh karena itu, menurut dia, Chingay Parade menjadi ajang yang sangat potensial untuk menarik minat wisman Singapura sekaligus peluang mempromosikan pariwisata Indonesia. “Kami berharap keikutsertaan Indonesia pada festival ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman Singapura ke Indonesia dan mendongkrak devisa negara dari sektor pariwisata,” lanjutnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, dalam ajang itu Pawai Indonesia akan terdiri dari seniman dan mahasiswa di antaranya dari ISI Solo dan Klaten, SMA Presiden Jakarta, ISI Bali, Universitas Medan, Boyolali, SMA Batik Surakarta, dan Insight (mahasiswa Indonesia di Singapura).

“Selain pawai kami juga akan melakukan promosi Wonderful Indonesia dalam bentuk pemasangan umbul-umbul dan membagikan T-shirt dengan logo Wonderful Indonesia. Dengan ini kami harapkan mampu meningkatkan public awareness tentang pariwisata Indonesia dalam acara tersebut,” kata Rizki.

Tahun lalu, Chingay Parade menjadi pawai internasional yang penuh gegap gempita karena diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai negara. Tercatat pada Chingay Parade 2016, jumlah peserta mencapai 8.000 orang terdiri dari kontingen Tiongkok, Jepang, Rusia, Malaysia, Korea, Amerika Serikat, Singapura, dan Indonesia.

“Tahun lalu sekitar 160.000 pengunjung hadir di event internasional yang berlangsung selama 2 hari ini. Dan tahun ini diperkirakan pengunjungnya akan lebih banyak,”tutupnya.

travel.detik.com/Cagak Urip