Mengenal Tari Topeng Malangan

Mengenal Tari Topeng Malangan

Tari Topeng Malangan dapat diartikan sebagai gerakan badan yang berirama dengan diiringi bunyi-bunyian dengan menggunakan penutup muka yang menyerupai muka orang. Tari Topeng Malangan ini asli merupakan budaya yang berasal dari Malang.

Tari Topeng Malangan sangat khas karena merupakan hasil perpaduan antara budaya Jawa Tengahan, Jawa Kulonan dan Jawa Timuran (Blambangan dan Osing). Sehingga akar gerakan tari ini mengandung unsur kekayaan dinamis dan musik dari etnik Jawa, Madura dan Bali.

Tari Topeng Malangan yang merupakan wisata budaya di Malang sendiri diperkirakan muncul pada masa awal abad 20 dan berkembang luas semasa perang kemerdekaan. Tari Topeng Malangan adalah perlambang bagi sifat manusia, karenanya banyak model topeng yang menggambarkan situasi yang berbeda, menangis, tertawa, sedih, malu dan sebagainya.

Kedungmonggo sebagai sebuah dusun di kaki gunung Kawi merupakan salah satu kantong persebaran seni budaya di Malang yakni tari topeng Malang.

Kondisi daerah Malang secara eksternal juga didukung dengan polesan konstruksi budaya Hindu-Jawa di lokasi sekitar dusun Kedungmonggo mengingat akar sejarah kemunculan tari topeng adalah hasil ritual kebudayaan Hindu.

Sampai saat ini Tari Topeng Malangan masih bertahan dan masih memiliki sesepuh. Budaya di Malang yakni Tari Topeng Malangan walaupun masih bertahan dan tetap mengikuti acara penting kesenian tradisional tingkat nasional namun Tari Topeng Malangan sudah mendekati kepunahan sebagai wisata budaya di Malang.

merahputih.com/Image tradisikita.my.id