Memperingati Hari Jadi ke 232, Bukittinggi Gelar Makan Bajamba

Memperingati Hari Jadi ke 232, Bukittinggi Gelar Makan Bajamba

Memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke 232 Desember 2016, Pemerintah Kota akan menggelar acara makan bajamba di pelataran objek wisata Jam Gadang.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Emil Anwar Rabu (30/11/2016) menjelaskan peringatan HJK itu sesuai tradisi tetap diisi dengan acara makan bajamba, namun pelaksanaan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dan diupayakan dapat dinikmati masyarakat hingga wisatawan.

“Sebelumnya kegiatan makan bajamba dilaksanakan bertepatan dengan HJK pada 22 Desember usai menggelar sidang paripurna istimewa DPRD tentang peringatan HJK, namun tahun ini kegiatan tersebut diundur dan direncanakan pada 25 Desember 2016,” tukasnya.

Menurut Emil Anwar, tujuan digantinya jadwal acara makan bajamba itu, agar masyarakat lebih leluasa dan waktu untuk menikmati acara lebih panjang karena tidak didahului oleh sidang paripurna HJK. Di samping itu, 25 Desember merupakan hari libur nasional sehingga diharapkan saat itu Bukittinggi sedang ramai oleh wisatawan.

“Keunikan dari tradisi makan bajamba dapat menjadi nilai jual tersendiri yang akan menjadi daya tarik wisatawan, karena seni makan yang menjadi budaya masyarakat minangkabau itu memang sangat unik dari tata cara pelaksanaannya,” ujarnya.

Emil Anwar menambahkan, untuk kegiatan itu sudah dibentuk. Direncanakan dalam makan bajamba akan menyajikan makanan khas Minang dan dimasak secara bersama-sama di tiap kelurahan lalu dibawa dan dinikmati di Jam Gadang. Proses ini juga akan menunjukkan kearifan lokal yang memiliki nilai jual.

Sebelumnya Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias mengatakan rangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun daerah tersebut harus dapat dinikmati oleh semua warga.

rri.co.id/Image linikini.co.id