Menko PMK Buka Pekan Produk Budaya Indonesia

Menko PMK Buka Pekan Produk Budaya Indonesia
Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani membuka acara Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) dan Nusantara Forum & Expo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu.
“Kegiatan ini mampu memberikan pemahaman kekayaan budaya Indonesia yang membanggakan dan perlu dilestarikan,” kata Puan dalam acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
PPBI dan Nusantara Forum & Expo diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Dalam Negeri dengan melibatkan pemerintah daerah dan kelompok usaha.
Acara tersebut diselenggarakan di Pelataran Taman Keong Mas, TMII, pada 19 hingga 23 Oktober 2016 dengan tiga kegiatan utama, yaitu pameran gelar seni, konferensi, dan forum.
Sebanyak 220 peserta terlibat dalam kegiatan tersebut dan terdapat 125 pameran kesenian yang mempertontonkan produk-produk unggulan dan budaya kreatif.
Puan berpendapat kegiatan strategis semacam itu penting untuk mendorong pembangunan karakter sesuai amanat Trisakti sebagai visi pembangunan dan diharapkan mampu membangun potensi perekonomian rakyat.
“Produk budaya saat ini sudah sangat beragam, dari kuliner sampai kesenian. Semua telah berkembang dan dituntut memiliki nilai ekonomis sehingga pada nantinya dapat bertahan menghadapi zaman,” kata dia.
Puan juga menyebutkan bahwa tantangan usaha rakyat berbasis budaya adalah permodalan, dan pemerintah seharusnya dapat lebih berperan dalam mengatasi tantangan tersebut.
Dia menjelaskan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi tantangan permodalan adalah pemberian kredit usaha rakyat yang telah mencapai lebih dari Rp120 triliun.
“Tanggung jawab sosial perusahaan juga dapat diarahkan dan dimanfaatkan untuk pengemasan dan pemasaran produk-produk budaya,” ucap Puan.
antarasumbar.com