Persiapan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2016

Persiapan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2016

Kementrian Koordinator Bidang Pembangungan Manusia dan Kebudayaan berencana kembali menggelar kegiatan Pekan Pameram Budaya Indonesia di tahun 2016 ini. Pameran yang menampilkan beraneka kebudayaan yang berasal dari seluruh Indonesia ini akan digelarpada 19 – 23 Oktober yang akan datang di Taman Mini Indonesia Indah dan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi.

Dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Haswan Yunaz seusai rapat koordinasi dengan Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Pamuji Lestari dan Direktur Eksekutif Jaringan Kota Pusaka Indonesia Asfarinal di kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Jakarta, PPBI tahun ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang bernama Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI).

Menurutnya, ajang tersebut akan menjadi arena bagi beberapa daerah untuk memamerkan dan sekaligus mempromosikan kebudayaan daerah peserta untuk ditunjukkan kepada para investor dan pelaku pariwisata umumnya. “Nanti akan ada sejumlah kegiatan yang diantaranya, Pameran, Konferensi, Gelar Seni dan Budaya termasuk launching Penghargaan Kota Pusaka serta Launching Penghargaan Warisan Budaya dan Alam Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkan, Haswan, acara juga akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi dan sekaligus akan diadakan kegiatan expo nusantara yang dicanangkan oleh kementerian dalam negeri. “PPBI 2016 akan bersinergi dengan expo nusantara menjadi wadah bagi daerah untuk memamerkan produk budayanya” tutur Pamuji Lestari Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK.

Sementara itu ditempat yang sama, Direktur Eksekutif Jaringan Kota Pusaka Indonesia Asfarinal menambahkan, Pameran dan Pekan Kebudayaan Indonesia tahun 2016 kali ini akan diikuti oleh seluruh anggota JKPI dan akan melibatkan dinas dinas terkait.

“Kami mendorong anggota JKPI untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam kegiatan ini karena dapat sekaligus menjadi ajang promosi potensi dan pariwisata daerah” ujarnya

Asfarinal memambahkan, Ketua Umum JKPI yang juga Walikota Banda Aceh Hj. Elliza Sa’aduddin Djamal, SE akan menghadiri kegiatan dimaksud bersama Walikota dan Bupati anggota JKPI lainnya seperti Walikota Surakarta FX Hadi Rudiyatmo, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE dan Bupati Siak Drs. H. Syamsuar M. Si dan Bupati Pesisir Barat Dr. Agus Istiqlal, SH, M.Si (bob)