Konferensi Pariwisata ASEAN Digelar di Jakarta

Konferensi Pariwisata ASEAN Digelar di Jakarta

JAKARTA – Konferensi pariwisata internasional “ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional (MRA-TP)” diselenggarakan 8-9 Agustus 2016 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta. Konferensi ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep MRA-TP dan sekretariat regional ASEAN kepada stakeholder utama di bidang pariwisata.

MRA sendiri adalah pengaturan antara negara-negara ASEAN yang dirancang untuk memfasilitasi pergerakan bebas dan pekerja berkualitas, bersertifikat antara negara anggota ASEAN. Tujuannya untuk memfasilitasi mobilitas profesional pariwisata, pertukaran informasi tentang praktik kerja terbaik, memberikan peluang kerja sama dan pembangunan kapasitas SDM yang merata se-ASEAN, tak kalah penting sebagai penentu standar pekerja pariwisata di ASEAN.

“Bidang pariwisata di ASEAN menunjukkan peningkatan yang luar biasa. Pertumbuhan pariwisata ini merupakan peluang untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata di tanah air. Sekali lagi saya tekankan, kita menargetkan dalam lima tahun ke depan atau 2019 pertumbuhan pariwisata akan menjadi dua kali lipat,” kata Menpar Arief Yahya di pembukaan konfrensi MRA-TP di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Senin (7/8/2016).

Selama dua hari, konferensi pariwisata MRA-TP akan menampilkan video presentasi dan pengenalan MRA-TP, serta minister forum. Konferensi ini dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya, Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Dato’ Seri Mohamed Nazri Abdul Aziz, Deputi Permanen Sekretariat dan Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Thida Chingkongkiat, serta Sekretaris Negara, Menteri Pariwisata Kamboja, Pak Sohom, dan juga orang-orang yang bergerak di institusi pariwisata.

Pertumbuhan pariwisata di ASEAN dari rentang tahun 2005-2012 mengalami pertumbuhan paling pesat di dunia, dengan persentase 8,3 persen. Padahal pertumbuhan pariwisata global hanya mencapai 3,6 persen. Tahun 2013 ada 92,7 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke ASEAN.

travel.kompas.com