Mudik Lewat Pekalongan, Banyak Tempat Wisatanya!

Mudik Lewat Pekalongan, Banyak Tempat Wisatanya!

Jika Anda mudik ke arah timur Jawa dan melewati Pekalongan, tak ada salahnya mampir dan mengunjungi beberapa destinasi. Dari alam sampai kuliner, berikut daftarnya.

Bicara soal kota destinasi wisata di Jawa Tengah, yang terlintas di benak turis pasti Semarang atau Solo. Padahal, Pekalongan juga tak kalah kaya aspek wisata. Kota yang terkenal oleh kain batik ini punya beberapa spot wisata alam serta kuliner yang menggugah selera.

KompasTravel menghimpun beberapa destinasi wisata alam dan kuliner di Pekalongan. Jika lewat kota ini sebelum hari Lebaran, Anda bisa menjadikan beberapa tempat wisata kuliner untuk menu berbuka puasa.

WISATA

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana adalah destinasi wisata alam favorit di Pekalongan. Letaknya berbatasan dengan Tempt Pelelangan Ikan, atau Pelabuhan Perikanan Nusantara. Tak hanya pantai, wisatawan juga bisa menikmati aneka fasilitas seperti taman bermain, becak air, panggung terbuka, serta Krematorium dan tambak ikan.

Selain bermain dan menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan para nelayan. Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing di tengah laut. Pantai ini buka pukul 06.00-21.00 WIB.

2. Museum Batik

Pekalongan terkenal oleh kain batiknya. Oleh karena itu, tak afdol berkunjung ke kota ini tanpa mengunjungi Museum Batik.

Museum ini memiliki 1.149 koleksi batik, terdiri dari berbagai motif dan usia. Ada Wayang Beber yang terbuat dari kain batik berusia ratusan tahun. Anda juga bisa melihat alat tenun tradisional dan cara penggunaannya.

Museum ini terletak di Jalan Jatayu No 3, Pekalongan Utara dan buka mulai 08.00-15.00 WIB.

3. Kampung Batik Kauman

Masih bertema batik, tak ada salahnya Anda mampir ke Kampung Batik Kauman yang merupakan sentra kerajinan kain batik. Kampung ini terletak di pusat Kota Pekalongan, tepatnya sebelah utara Alun-alun.

Ini adalah salah satu desa wisata batik yang dipilih secara nasional. Selain melihat langsung pembuatan batik secara tradisional, Anda juga bisa mencoba membuat batik serta membeli langsung dari orang lokal. Anda juga bisa belanja mulai dari baju, kemeja, tas, dan lain-lain dari bahan batik.

KULINER

1. Nasi Megono Pak Bon

Nasi megono adalah nasi putih yang disajikan bersama olahan nangka muda, yang disebut megono. Bahan utamanya sama dengan gudeg khas Jogja, namun berbeda dalam hal cara pengolahannya.

Untuk membuat megono, nangka muda dicacah atau dicincang kasar menjadi potongan-potongan kecil. Bahan pelengkap yang tak kalah penting adalah parutan kelapa muda. Nangka muda dan parutan kelapa lantas dikukus bersama aneka bumbu seperti bawang putih, bawang merah, hingga kemiri dan lengkuas.

Nasi Megono Pak Bon adalah salah satu gerai paling terkenal. Kedainya terletak di Alun-alun Pekalongan dan buka mulai pukul 17.00-00.00 WIB. Bisa jadi opsi untuk menu berbuka puasa.

2. Kopi Tahlil Pak Eko 

Ada sejarah kopi khas Pekalongan disebut “kopi tahlil”. Alkisah, kopi merupakan minuman wajib dalam acara tahlilan yang diadakan oleh keluarga.

Tak hanya kopi, air dan gula. Kopi Tahlil juga menggunakan beberapa rempah seperti jahe, kapulaga, sereh, dan kayu manis. Gerai kopi tahlil yang terkenal adalah milik Pak Eko, terletak di Jalan Haji Agus Salim.

3. Garang Asem Masduki

Bayangkan potongan daging sapi lengkap dengan lemak, ditemani telur pindang, mengambang dalam kuah garang asem yang segar. Kenikmatan makanan ini tersaji dalam sepiring Garang Asem Masduki, yang terletak di Alun-alun Pekalongan. Ini adalah salah satu tempat favorit warga Pekalongan untuk menikmati segarnya garang asem.

travel.kompas.com