Festival Meriam Karbit Siap Menggetarkan Malam Takbiran di Pontianak

Festival Meriam Karbit Siap Menggetarkan Malam Takbiran di Pontianak

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Forum Meriam Karbit Pontianak mulai membuka pendaftaran peserta lomba Festival Meriam Karbit.

Kepala Disbudpar Kota Pontianak, Hilfira Hamid mengungkapkan, tahun ini Kecamatan Pontianak Timur terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Meriam Karbit yang akan memeriahkan malam takbiran.

Penentuan tersebut setelah melalui pencabutan undian yang dilakukan oleh panitia. Sedangkan untuk persyaratannya, peserta yang mengikuti festival ini mesti memiliki minimal lima buah meriam dari kayu, karena di situlah letak nilai budaya yang ingin ditonjolkan.

“Syaratnya minimal satu kelompok peserta memiliki lima buah meriam karbit yang terbuat dari kayu atau balok,” jelas Hilfira, Jumat (17/6/2016).

Sekretaris Forum Meriam Karbit, Bari Silmon, menyatakan kesiapan pihaknya dengan mendirikan posko utama yang berlokasi di Gang Muhajirin Kecamatan Pontianak Timur. Persiapan tersebut mulai dari akses masuk, pengamanan dan lainnya.

Di posko tersebut, panitia juga akan menyiapkan enam buah meriam. “Untuk jalur lalu lintas kita terapkan sistem buka tutup di Gang Muhajirin dan hanya satu arah. Warga setempat akan turut berpartisipasi,” ungkap Bari.

Khusus untuk kelompok yang ingin mengikuti penjurian, pendaftaran peserta sudah dimulai dan berakhir pada 25 Juni 2016. Tiap-tiap peserta yang mengikuti festival ini minimal mengikutsertakan lima buah balok meriam.

travel.kompas.com