Festival Sabang Fair 2016

Festival Sabang Fair 2016

Pelaksanaan Sabang Fair 2016 sudah diumumkan Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Sabang, yaitu akan berlangsung pada 21-27 Mei 2016. Perhelatan akbar di Kota Sabang ini akan diadakan di Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Aceh.

Kota Sabang terletak di Pulau Weh di ujung barat Indonesia. Sabang terkenal memiliki keindahan alam yang memukau serta atraksi budaya yang menarik.

Lokasi Sabang  berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga. Oleh karena itu, pelaksanaan Sabang Fair 2016 akan terasa istimewa dengan kehadiran perwakilan dari negara tetangga ASEAN yang telah diundang oleh Gubernur Aceh agar dapat turut serta dalam kemeriahan acara pesta budaya tahun ini. Panitia juga mengundang provinsi tetangga seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang akan berpartisipasi menampilkan kesenian budayanya masing-masing.

Terdapat 6 kriteria perlombaan yang telah ditetapkan selama berlangsungnya Sabang Fair 2016, diantaranya berikut ini.

  1. Lomba Tari Kreasi Baru Aceh Garapan
  2. Lomba Musik Etnik Kolaborasi Aceh Modern
  3. Lomba Cagok/Lawak Aceh
  4. Lomba Pawai Budaya
  5. Lomba Anjungan Pameran Kreatif Daerah
  6. Pertunjukan Seni (Penampilan Sanggar Seni Se-Aceh)

Panitia acara telah menetapkan bulan Mei sebelum pelaksaan puasa di tahun 2016 dengan melakukan persiapan sebaik mungkin demi kesuksesan dan kepuasan peserta. Selain itu, pesta tahunan Sabang Fair Festival di tahun ini juga diadakan guna mempersiapkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan diselenggarakan tahun 2017 nanti.

indonesia.travel/Image citizen6.liputan6.com