Naga 100 Meter Akan Meriahkan Cap Go Meh di Pontianak

Naga 100 Meter Akan Meriahkan Cap Go Meh di Pontianak

Atraksi wisata budaya, Pawai Naga Langit akan memeriahkan perayaan Cap Go Meh di ibu kota Kalimantan Barat (Kalbar), Pontianak. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan Naga Langit tersebut memiliki panjang 100 meter.

“Tradisi ini akan menjadi daya tarik baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara yang luar biasa ke Pontianak. Silakan tonton puncak perayaan Cap Go Meh di sana,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Selasa (16/2/2016).

Arief mengatakan Naga Langit tersebut dibuat oleh Chung Ciung On alias A Bong di Jakarta dan kemudian dibawa ke sebuah ruko di Gang Usaha, Jl Raya Sui Pinyuh, Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalbar. Naga itu dibuat dengan rangka fiber serta kain parasut dan akan disinari cahaya ultra violet.

Naga Langit memiliki ukuran yang besar dengan seluruh bagian tubuhnya terbagi atas 36 sambungan. Pada malam hari, naga replika naga ini akan bercahaya dan pada seluruh tubuh naga dicat khusus yang akan memancar ketika disorot lampu ultraviolet.

Pawai Naga langit yang tengah dipersiapkan tersebut merupakan kali pertama diwujudkan di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat. Dengan hal yang tergolong baru ini, pemerintah kota berencana akan mengundang Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Untuk menuju Pontianak, beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ke Pontianak seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air.

travel.kompas.com/Image pontianak.tribunnews.com