Bukittinggi Kembangkan Pariwisata Beradat dan Berbudaya

Bukittinggi Kembangkan Pariwisata Beradat dan Berbudaya

Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, M Ramlan Nurmatias akan mengembangkan pariwisata yang beradat dan berbudaya di daerah setempat.

Hal tersebut dikatakan pada acara serah terima jabatan Wali Kota Bukittinggi dari Penjabat Wali Kota Abdul Gafar kepada pasangan terpilih M. Ramlan Nurmatias-Irwandi di Aula Perpustakaan Bung Hatta, Kamis (18/2/2016).

“Bukittinggi termasuk salah satu kota terindah di Indonesia, sehingga pariwisata sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Pariwisata yang dikembangkan adalah yang berdasar pada adat dan budaya,” katanya.

Di samping itu, menurut Ramlan, sektor pariwisata juga merupakan sektor yang berperan besar dalam mengangkat ekonomi masyarakat karena di daerah tersebut tidak terdapat pertambangan maupun pabrik-pabrik industri.

“Dalam pembangunan kota ini, tidak mungkin hanya mengandalkan APBD saja, sehingga perlu dibangun kerja sama dengan para investor untuk turut serta membangun dan mengembangkan potensi Bukittinggi,” katanya.

Selain pengembangan pariwisata, Ramlan juga menargetkan akan mengembalikan citra Bukittinggi sebagai kota bersih dengan meraih penghargaan Adipura tahun ini.

“Sebelumnya saya sudah meminta izin pada Pj Wali Kota agar dapat bertemu dengan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) juga SKPD lainnya agar dapat mempercepat persiapan pemerintahan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ramlan mengharapkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat setempat dalam rangka membangun Kota Bukittinggi yang lebih baik.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap Pj Wali Kota Abdul Gafar atas kepemimpinannya selama enam bulan di kota itu.

Sementara itu, Abdul Gafar mengharapkan, melalui pemimpin baru tersebut, dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan kota itu.

“Saya harapkan terjalin kerja sama dan dukungan penuh dari SKPD dan masyarakat bagi setiap program dari wali kota baru,” katanya.

travel.kompas.com/Image udaadib.com