Indonesia Jadi Tempat Liburan Favorit Warga Tiongkok

Indonesia Jadi Tempat Liburan Favorit Warga Tiongkok

Situs perjalanan terbesar Tiongkok, Ctrip.com, menempatkan Indonesia sebagai satu dari sepuluh destinasi favorit warga Tiongkok untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 2016.

Indonesia berada di urutan kedelapan dalam daftar sepuluh negara tujuan favorit pelancong Tiongkok untuk merayakan Imlek di luar negeri menurut data pemesanan konsumen Ctrip.com sejak pertengahan Januari 2016. Sepuluh negara itu adalah Thailand, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Hong Kong, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, dan Australia.

“Kemudahan visa menjadi salah satu alasan mereka memilih negara-negara tersebut,” kata Manajer Publikasi Ctrip Yan Xin, seperti dikutip media setempat.

Ctrip.com memperkirakan sekitar enam juta warga Tiongkok menghabiskan liburan Imlek 2016 di luar negeri sejak 7 Februari 2016 dengan sekitar seratus negara yang akan dikunjungi, termasuk Antartika.

Negara di Asia Timur, seperti Jepang dan Korea Selatan, masih menjadi destinasi paling populer. Sedangkan Singapura dan Thailand menjadi dua negara yang paling popular di Asia Tenggara yang diminati wisatawan Tiongkok untuk menghabiskan liburan Imlek 2016, yang merupakan Tahun Monyet.

Sekitar sepuluh ribu orang telah melakukan pemesanan untuk berlibur ke Thailand, sedangkan lainnya memilih Singapura untuk menikmati hangatnya alam tropis dan mengunjungi Universal Studio. Untuk wisata pesiar, sekitar 90 persen warga Tiongkok memilih ke Okinawa dan Kagoshima di Jepang serta Pulau Jeju di Korea Selatan. Kantor Administrasi Pariwisata Nasional Tiongkok (CNTA) mencatat, pada 2015, terdapat 5,2 juta orang Tiongkok yang berlibur ke mancanegara selama Imlek. Jumlah tersebut naik sekitar 10 persen dibanding Imlek 2014.

Sementara itu, Wakil Direktur Misi Penjualan untuk Asia-Pasifik Kementerian Pariwisata Jordi Paliama di sela-sela kegiatan Indonesia Direct Promotion di Beijing, 30-31 Januari 2016, menuturkan pemerintah akan terus melakukan beragam upaya promosi untuk menarik turis Tiongkok ke Indonesia.

Guna memperkenalkan daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata bersama perwakilan Indonesia di Tiongkok melakukan promosi di Wuhan, Shanghai, dan Beijing. Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan turis Tiongkok sampai 200 ribu orang selama Januari-Februari 2016 atau naik sekitar 50 persen dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 137.181 orang.

travel.tempo.co/Image ariefpgsd.blogspot.com