4 Wisata Favorit di Jawa Tengah

4 Wisata Favorit di Jawa Tengah

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tercatat masih menjadi rujukan primer bagi wisatawan di Jawa Tengah. Menyusul setelahnya adalah wisata di Dieng di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

“Perjalanan wisata yang paling banyak baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik masih di Borobudur, kemudian Dieng,” ujar ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Jawa Tengah, Joko Suratno, kepada KompasTravel, Senin (16/11/2015).

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang menjadi yang sangat familiar di kalangan turis. Mereka ingin melihat kemegahan Borobudur, beserta unsur budaya yang melingkupinya. Berbagai acara international pun mulai digelar di seputar Borobudur, seperti hanya pegalaran Borobudur 10K dan tour de Borobudur, akhir pekan kemarin.

Menyusul setelah Borobudur dan Dieng, yang menarik didatangi wisatawan adalah Kota Surakarta. Kota ini menyimpan keindahan budaya dan sejarah yang luar biasa, sehingga para wisatawan tertarik ke kota yang pernah diimpin Presiden Joko Widodo itu.

“Ada juga yang ke Semarang, terutama ke Karimunjawa (Jepara). Itu juga sangat banyak,” tambah dia.

Khusus untuk Karimunjawa, karena keterbatasan moda transportasi serta akses yang sulit menjadikan wisata ini terasa ekslusif. Hanya beberapa orang yang bisa mengunjungi melalui transportasi udara dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Sebagian besar lain melalui jalur laut, baik dari Semarang maupun Jepara.

“Karimunjawa ini diakui jadi destinasi unggulan di Jateng. Tapi akses ke sana sangat kurang. Harusnya ada dukungan transportasi yang memadai, baik itu kapal mapun bandara,” paparnya.

Sejauh ini, berdasarkan statistik yang masuk, ada lebih dari 30 juta wisatawan domestik yang mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah. Sementara untuk wisatawan mancanegara tercatat sebanyak Rp 400.000.

travel.kompas.com/Image en.wikipedia.org