Tari Kolosal Menghipnotis Ribuan Penonton di Kota Baubau

Tari Kolosal Menghipnotis Ribuan Penonton di Kota Baubau
Meski sempat diwarnai aksi demo, namun Tari Kolosal yang merupakan rangkaian Festifal Kota Tua Keraton Kesultanan yang digelar di Stadion Betoambari, kemarin mampu menghipnotis ribuan penonton. Tidak hanya yang menyaksikan langsung di lapangan, tapi juga yang menontonnya melalui jaringan TV Kabel.
Tari yang disutradarai oleh Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun itu menampilkan sebelas ribu penari, mulai dari pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA. Para pelajar itu tampil dengan sempurna dan penuh semangat sehingga mampu memukau ribuan pasang mata yang memadati Stadion Betombari.
Semangat anak-anak penari memuncak ketika menampilkan tariannya di hadapan Walikota Baubau AS Tamrin. Terik matahari yang panas serta debu yang mengepul di tengah lapangan bukan lagi menjadi penghalang bagi mereka. Sorakan ribuan penonton juga menambah semangat anak-anak yang mebawakan tari kolosal.
Nampak dari jauh sesekali Umar Samiun- sapaan Samsu Umar Abdul Samiun, berdiri memberikan semangat kepada penari yang membuat semakin gemuruh dan terasa makin sesaknya lapangan Stadion Betoambari.
Saat ditemui koran ini, Walikota Baubau AS Tamrin mengatakan, kegiatatan ini dilakukan dalam rangka menyongsong hari jadi Kota Baubau ke-14. Sekaligu sebagai refleksi dari pengalaman ataupun catatan-catatan tiga tahun kepemipinan Tampil Mesra dalam memimpin Kota Baubau.
“Targetnya yang utama itu adalah kita menyongsong hari jadi Kota Baubau sebagai daerah otonom yang ke-14 dan hari ulang tahun Kota Baubau ke-474. Kegiatan ini juga sebagai refleksi daripada pengalaman ataupun catatan-catatan yang telah kita lewati selama tiga tahun Tampil Mesra. Selain itu kita ingin memasuki tahun baru dan melangkah ke tahun ketiga kinerja Tampil Mesra semoga masyarakat bisa menerima manfaat dan dapat merasakan manfaat dari pembangunan itu,” kata Tamrin saat ditemui di Lapangan Stadion Betoambari, kemarin.
Kegiatan ini juga, lanjut Tamrin, ditargetkan mampu menjalin kebersamaan masyarakat Kota Baubau yang multi etnis. “Targetnya juga adalah menjalin kebersamaan, menjalin harmonisasi, menjalin kekompakan diantara penduduk yang multietnis, kita bangun kebersamaan karena dengan kebersamaan kita dengan mudah dapat mencapai kesuksesan,” tutupnya.
butonpos.com