Tour de Singkarak 2015 Akan Digelar di Bulan Oktober 2015

Tour de Singkarak 2015 Akan Digelar di Bulan Oktober 2015

Ajang sport tourism Tour de Singkarak 2015 akan dilangsungkan pada 3-11 Oktober mendatang. Inilah informasi lengkapnya buat kamu yang tertarik menonton ke Sumatera Barat.

“Semua kabupatem kota di Sumatera Barat ikut serta. Kecuali, Mentawai,” ujar Chairman Tour de Singkarak, Sapta Nirwandar pada acara Grand Launching Tour de Singkarak 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Minggu (20/9/2015) malam.

Start dimulai di Pesisir Selatan menuju Pariaman yang jadi etape pertama pada Sabtu (3/10). Selanjutnya berturut-turut sampai etape 5 yakni, Padang Pariaman-Solok, Sijunjung-Dharmasraya, Solok Selatan-Sawahlunto dan Bukittinggi-Tanah Datar.

Kemudian dari etape 6 sampai etape terakhir etape 9 pada Minggu (11/10) yakni, Payakumbuh-Limapuluh Kota, Pasaman-Pasaman Barat, Pasaman Barat-Agam dan Padang Panjang-Padang. Total jarak yang ditempuh 1.341 kilometer!

“Pesertanya diikuti 24 tim dari 36 negara dan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 2,4 miliar. Semua etape yang dilalui bagus-bagus dan indah-indah,” kata Sapta.

Lanjut Sapta, Tour de Singkarak juga akan menjadi ajang peliputan bagi jurnalis yang datang. Mereka bakal diajak jalan-jalan mengeliling daerah di tiap etape dan menulis potensi wisatanya baik alam, budaya atau kuliner.

“News value-nya sangat besar. Ada 100 wartawan yang akan datang dari dalam dan luar negeri. Mereka akan mempromosikan pariwisata Sumbar,” ujarnya.

Walau ada wisatanya, balap sepeda di ajang yang sudah berlangsung 6 kali ini juga tak sembarangan. Ada banyak etape berat yang akan dilewati.

“Kelok 44 dan kelok 9 jadi yang paling sulit. CEO Tour de France pernah datang dan melihat langsung, dia bilang Tour Dlde Singkarak adalah Green Swiss karena keindahan alamnya,” ujar Sapta.

Sudah siap ke Ranah Minang?

travel.detik.com/image tourdesingkarak.com