Karnaval Khatulistiwa di Kalimantan Barat dan kota Pontianak

Karnaval Khatulistiwa di Kalimantan Barat dan kota Pontianak

Menteri Pariwisata RI, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, mengaharapkan kota Pontianak dan Kalimantan Barat pada umunnya dapat memperoleh manfaat besar dari kegiatan Karnaval Khatulistiwa yang dilaksanakan pada hari ini.

“Kami harapkan, kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi Pontianak dan Kalimantan Barat, khususnya dalam meningkatkan sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan di Kalimantan Barat,” kata Arief saat melakukan kunjungan kerja di Pontianak, Sabtu.

Menurutnya, moment Karnaval Khatulistiwa tersebut menjadi kesempatan emas bagi pemerintah Kalimantan Barat dan kota Pontianak untuk mengenalkan potensi daerah kepada masyarakat luar Kalimantan Barat maupun wisatawan asing. Terlebih dalam kegiatan itu dikemas dengan menampilkan berbagai budaya dan kesenian yang ada di provinsi itu.

“Saya rasa Kalbar memiliku cukup banyak kelebihan dan potensi wisata yang bisa dikembangkan. Apa lagi Pontianak nantinya akan dijadikan sebagai kota wisata sungai dan itu sudah masuk dalam rencana pembangunan negara untuk periode 2014-2019,” tuturnya.

Arief menambahkan, untuk kegiatan Karnaval Khatulistiwa tersebut, berdasarkan informasi yang dia dapat dari Gubernur Kalbar, Cornelis akan menjadi salah satu agenda tahunan di Pontianak dan pihaknya akan mendukung hal itu.

“Namun untuk kegiatan inti dari HUT RI akan kita lakukan secara bergantian disetiap daerah. Memang sudah ada beberapa daerah yang mengajukan kesiapan mereka untuk menggelar kegiatan ini pada tahun depan, salah satunya adalah Sumatera Selatan dan untuk bentuk kegiatannya tentu akan disesuaikan lagi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, berharap gelaran Karnaval Khatulistiwa yang dilaksanakan pada hari ini bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Selain itu Cornelis juga berharap Karnaval Khatulistiwa agar Kalbar dikenal dunia.

“Jadi Indonesia tak hanya memiliki Jawa dan Bali, Kalimantan Barat juga harus dikenal di mata internasional. Agar nantinya Wisatawan baik domestik maupun manca negara banyak singgah kesini otomatis akan menaikan ekonomi daerah khususnya, umumnya Indonesia ” kata Cornelis.

Terkait hal itu, dia mengajak kepada semua masyarakat Kalbar, khususnya warga Pontianak dan sekitarnya untuk datang beramai-ramau memeriahkan kegiatan tersebut. Karena selain melaksanakan kegiatan Karnaval, juga dilaksanakan berbagai pagelaran budaya dan live musik yang menghadirkan beberapa musisi tanah air.

antaranews.com