Aceh Gelar Atraksi Seni Budaya Hingga Pemilihan Duta Wisata

Aceh Gelar Atraksi Seni Budaya Hingga Pemilihan Duta Wisata

Jika anda sedang berwisata atau berniat mengisi liburan di provinsi paling ujung barat Indonesia, Aceh inilah agenda wisata yang tak boleh dilewatkan.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh memasukkan enam paket wisata unggulan di bulan Agustus ini

Berikut ulasannnya:

1. Kemah Seniman

Pertemuan seniman dan seniwati Aceh dalam rangka menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari berbagai kota/kabupaten yang berdiam di provinsi tersebut.

Acara ini disertai dengan dialog budaya menuju semangat dan kebangkitan seni budaya Aceh masa kini. Acara bertempat di Aceh Besar yang merupakan kabupaten yang menjadi pintu gerbang masuk ke ibu kota provinsi, Banda Aceh.

Di tanah Hamzah Fansuri yang merupakan sastrawan angkatan pujangga lama ini, para seniman menyuguhkan atraksi seni dengan roh keacehan yang kental.

2. Festival Musik Tari Remaja

Sebuah ajang pencarian bakat para remaja di bidang seni musik dan tari. Ajang ini dihelat di Banda Aceh dan diikuti oleh komunitas seni musik dan tari se-Aceh.

Aceh mempunyai khazanah seni budaya tinggi terutama tarian. Tari Saman yang kerab ditampilkan secara massal berasal dari dataran tinggi Aceh yaitu Gayo telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia non benda.

Tari Saman atau yang dikenal dengan nama tari seribu tangan telah menghipnotis ribuan pasang mata dan mengundang decak kagum menyaksikan tarian etnik nan energik.

3. Pacuan kuda tradisional

Atraksi pacuan kuda tradisional ini diikuti oleh joki anak-anak. Uniknya para bocah ini tak menggunakan pelana dan alat pengaman lainnya. Bertempat di Lapangan HM Hasan Gayo, Kabupaten Aceh Tengah olahraga tradisional yang mengakar dari tradisi budaya ini bagai magnet yang menarik pengunjung untuk mengalir kemari.

Hari milad kabupaten setempat dan HUT RI pun tak lengkap rasanya tanpa suguhan kepiawaian joki cilik menunjukkan kebolehannya menunggang kuda.

4. Sabang Wisata Rally

Bagi anda penggemar wisata otomotif, inilah saatnya. Dari pulau terluar, terpencil, dan terkecil di ujung negeri, Sabang menggelar wisata otomotif kendaraan roda empat dengan mengelilingi Kota Sabang.

Pulau Weh yang menjadi ibu kota Sabang dikenal sebagai surga wisata bahari. Mutiara dari barat nusantara.

5. Aceh International Surfing Championship

Sebuah atraksi wisata air yang memiliki daya tarik tersendiri yang akan menguji adrenalin peselancar air. Atraksi wisata ini akan dilaksanakan di Sinabang, Kabupaten Simeulue. Simeulue merupakan wilayah adminitratif yang terletak di pesisir barat selatan Aceh.

Kabupaten ini berdiri di atas pulau terpisah dari daratan Sumatera. Simeulue dikenal dengan perairannya yang mempunyai karakteristik ombak yang cocok untuk lokasi surfing. Kompetisi olahraga pantai ini akan diikuti oleh para peselancar dari dalam dan luar negeri.

6. Pemilihan Duta Wisata Aceh 2015

Layaknya sebuah kontes, pemilihan duta wisata menjadi ajang yang banyak ditunggu-tunggu. Seorang duta akan menjadi promotor dalam mempromosikan obyek dan daya tarik wisata yang ada di daerahnya.

Ajang ini diikuti oleh perwakilan putra dan putri dari 23 kabupaten/kota di bawah wilayah administratif Provinsi Aceh. Pemilihan duta wisata akan menobatkan sepasang “agam inong” layaknya pemilihan “abang none” di Jakarta untuk melaju ke tingkat nasional.

kompas.com