Festival Jenang Solo 2015 dibuka Oleh Menteri Perindustrian

Festival Jenang Solo 2015 dibuka Oleh Menteri Perindustrian

Festival Jenang Solo 2015 berlangsung tiga hari mulai tanggal 15 hingga 17 Februari 2015. Festival ini dibuka oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Dalam pembukaan ini, Saleh Husin juga didampingi Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, di Koridor Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/2/2015).

“Awalnya saya tidak tahu, apa itu yang disebut jenang,” ujar Saleh di sela-sela membuka Festival Jenang Solo 2015 yang tahun ini diselenggarakan oleh Yayasan Jenang Indonesia ke empat kalinya.

Pada kesempatan itu, Dewan Pembina Yayasa Jenang Indonesia, Tunjung W Sutirto mengemukakan bahwa Festival Jenang Solo (FJS) 2015 kali ini bertema ‘Kreasi jenang Bahari’.

Tema ini selaras dengan keberadaan laut sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.   “Perpaduan antara nilai tradisional dan kekayaan bahari itulah diangkat dalam penyelenggaraan FJS 2015,” jelasnya.

Menurut Tunjung, pemilihan tema ‘Kreasi Jenang Bahari’ pada Festival Jenang Solo 2015 ini momentumnya sangat tepat, dengan memadukan “Jenang” yang memiliki sejarah dan filosofi panjang sebagai makanan tradisi yang mengiringi kehidupan manusia dari/akan melahirkan sampai kematian maupun sebagai jenang konsumsi, disatukan dengan ‘Bahari’ yang juga memiliki sejarah sangat panjang atas kejayaan laut seisinya dan manfaatnya bagi bangsa ini.

Sementara itu, Festival Jenang 2015 ini memiliki agenda, yakni agenda utama ‘Masak Besar’ Jenang Bahari oleh ICA (Indonesian Chef Association), Solo, dan siswa-siswi SMK. Juga ‘Marut massal’ oleh anak-anak dan pergelaran seni Pesona Indonesia.

Dilanjutkan agenda ‘Lomba Masak Kreasi Bahari yang diikuti oleh peserta dari PKK kelurahan, kecamatan dan umum se-Solo Raya, dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan bertema ‘Menggali Potensi Ekonomi dan Gizi Hasil Laut dalam Kreasi Olahan Kuliner Tradisi’.

Puncaknya, Selasa (17/2/2015), penyelenggara membagikan jenang secara gratis kepada masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

Sumber : lifestyle.okezone.com