Goa Kreo, Wisata Alam Kota Semarang

Goa Kreo, Wisata Alam Kota Semarang

Di Kota Semarang ada obyek Wisata Alam yang bernama Goa Kreo. Goa ini adalah ikon wisata di Kota Semarang yang ternyata juga mempunyai Sejarah tersendiri. Bagi anda yang sudah ke Goa Kreo Semarang, barangkali wawasan anda tentang wisata alam akan semakin bertambah saja, terlebih jika anda bersama Guide / Pemandu Wisata untuk menjelaskan tentang Goa Kreo.

Menurut buku Ayo Wisata ke Semarang, Goa Kreo dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari Kayu Jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Ketika itu menurut legenda Sunan Kalijaga bertemu sekawanan yang kemudian disuruh menjaga kayu jati. Terus apa hubunganya dengan Goa Kreo ?.

Kata ”Kreo” berasal dari Mangreho yang berati peliharalah atau jagalah, seperti yang apa yang disuruhkan Kanjeng Sunan kepada Kera ( Sebelum disebut Goa Kreo ). Nah, kata inilah yang kemudian menjadikan Goa ini disebut Goa Kreo dan sejak saat itu kawanan kera yang menghuni ini penunggu salah satu wisata alam di Kota Semarang yakni Goa Kreo.

Nah, ketika wisatawan berkunjung ke Goa Kreo selain mereka bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk serta bercanda dengan kera penunggu kawasan ini, nuansa alam banget kan. So, ini bisa dibilang obyek wisata alam nan sejarah pastinya.

Pengunjung wisata alam Kota Semarang ( Goa Kreo ) juga bisa menikmati aliran sungai yang dingin dan segar di bagian bawah daerah ini, Obyek wisata alam ini kurang lebih 8 Km dari Tugu Muda dan setiap 3 Syawal diadakan upacara Sesaji Rewanda. Menarik banget kan asal-usul dan alam Goa Kreo Semarang ini ? anda bisa melancong ke Kota Semarang kapanpun anda mau.

Sumber : lensapelancong.blogspot.com