Kemenpora “Pencak Silat Di Usulkan Jadi Warisan Dunia”

Kemenpora “Pencak Silat Di Usulkan Jadi Warisan Dunia”

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kini tengah berjuang untuk mengusulkan Pencak Silat sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Hal itu diutarakan langsung Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot Dewo Broto.

“Upaya untuk mengajukan Pencak Silat sebagai warisan luhur Budaya Dunia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sudah dilakukan sejak awal tahun sejak era Menpora, Roy Suryo,” kata Gatot Dewo Broto.

Langkah ini diambil untuk menjaga Warisan Budaya Pencak Silat agar tidak diklaim oleh Negara lain. Gatot sendiri mengakui, Negeri Jiran Malaysia melakukan hal serupa dengan mendaftarkan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya asli Malaysia, padahal sejatinya kebudayaan Pencak Silat merupakan warisan luhur Budaya Nusantara.

Meski pihak Malaysia sudah bergerak untuk mendaftarkan Pencak Silat ke UNESCO, Leiden University yang terletak di Belanda mengakui, secara ilmiah dan historis Pencak Silat merupakan Budaya Nusantara.

Gatot mengakui, butuh waktu panjang untuk mendapat pengakuan UNESCO agar Pencak Silat diakui sebagai World Heritage dari Indonesia. Namun, Kemenpora tetap akan berjuang agar Olahraga Bela Diri ini tidak diklaim Bangsa dan Negara lain, seperti halnya kasus Reog Ponorogo dan sejumlah Lagu Daerah yang sempat mencuat beberapa tahun lalu.

Sumber : rri.co.id